Sukabumi Update

Makan Kerang Teritip Mentah Hasil Berburu di Pantai Karang Merak Sukabumi, Berani Coba?

SUKABUMIUPDATE.com - Sedang berlibur di pantai wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi? Kalau iya, coba deh perhatikan di sela-sela karang sebab kalau beruntung bisa menemukan banyak kerang teritip. 

Nelayan dan warga sekitar pantai biasa mencari kerang teritip ini karena bisa dikonsumsi. Di tempat yang dipenuhi karang seperti Pantai Sangrawayang, Pantai Cipunaga dan Pantai Karang Merak di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, kerang teritip dengan mudah ditemukan. 

Warga, Samsiah (47 tahun) mengungkapkan, kerang teritip biasa menempel di batu karang saat air laut pasang dan ketika surut, warga dengan mudahnya menemukan kerang tersebut. Menurut Samsiah, kerang teritip bisa dimakan tanpa dimasak terlebih dulu atau keadan mentah.

BACA JUGA: Pantai Karang Merak, Nuansa Alami di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

"Enak dimakan mentah, rasanya asin dan asam dengan aroma hewan laut yang khas. Saya juga suka makan teritip mentah-mentah," ujarnya.

Lebih lanjut, Samsiah menjelaskan, kerang teritip biasa ditemukan di antara batu karang yang posisi kerang ini saling menempel dengan kerang lainnya. Biasanya, warga mencari kerang teritip di Pantai Karang Merak setelah pulang dari berkebun. 

"Mengambilnya harus menggunakan alat parang atau golok atau pisau, caranya dipukul pukul terus kalau sudah sedikit terbuka tinggal mencongkelnya. Warga disini berburu teritip bukanlah hal aneh dan sulit," jelasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI