Sukabumi Update

Aneka Olahan Mangga Ciri Khas GCP Hasil Pelatihan DPESDM Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, tingkatkan usaha pengolahan hasil pertanian berupa mangga, melalui program Industri Kecil dan Menengah (IKM) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP).

BACA JUGA: Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

Pelatihan yang diikuti sebanyak 20 orang dari warga Desa Mekarsakti dan 10 orang warga Desa Ciwaru di Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas tersebut menghasilkan beberapa olahan mangga yang sudah dikemas rapih.

"Hasil dari bahan baku mangga tersebut diantarnaya selai, manisan, dodol, sirup, puree mangga dan permen mangga. Warga juga diberikan pelatihan bagaiaman cara pengemasan yang baik serta menarik," ujar Kepala Bidang Industri DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Dhefiana kepada sukabumiupdate.com, Minggu (17/3/2019).

Tidak hanya sampai olahan mangga saja, kata Yana DPESDM juga membantu dari sisi peralatan, termasuk proses sertifikasi halal juga pemasaran.

"Baik pemasaran secara online atau membuat galeri sentral oleh-oleh khas di kawasan GCP. Ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Sukabumi. Masih banyak potensi alam yang harus digali dan dikembangkan agar bisa meningkatkan perekonomian warga serta menunjang keberadaan GCP," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI