Sukabumi Update

Ini Dia, 10 Destinasi Wisata Halal Terfavorit di Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescenRating merilis 10 destinasi wisata halal favorit di Indonesia selama kuartal I/2019 ini. Daftar destinasi favorit ini tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. 

Kesepuluh destinasi unggulan berdasarkan IMTI 2019 yakni Lombok di Nusa Tenggara Barat, Aceh, Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Malang Raya di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Makassar di Sulawesi Selatan. Adapun Lombok memiliki nilai skor tertinggi mencapai 70 mengungguli 10 destinasi lain di Tanah Air. 

Chief Executice Officer Crescen Rating, Fazal Bahardeeen, menuturkan pariwisata halal di Indonesia memiliki kesempatan baru di sektor pariwisata untuk menggaet wisataan muslim dari dunia dan memperluas perkembangan ekonominya.

Populasi muslim yang besar membuat potensi wisata halal sangat prospektif untuk terus dikembangkan. Terlebih keunggulan objek wisata seperti pantai, keragaman budaya, hingga infrastruktur dasar.

Pada IMTI 2018 yang diluncurkan pada akhir tahun lalu, dari 10 destinasi unggulan, skor tertinggi sebesar 58 yang diperoleh Lombok dan terendah destinasi Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) sebesar 30.

"IMTI akan membantu para pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk memainkan peran penting dalam mempercepat pertumbuhan pariwisata halal di Indonesia," tutur Fazal.

IMTI yang diterapkan di Indonesia mengadopsi empat kriteria yang ditetapkan dalam GMTI. Keempat kriteria itu yakni aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, dan jasa layanan. 

IMTI dimulai pada 2018, dan IMTI 2019 ini merupakan tahun kedua dalam menerapkan standar global GMTI untuk menilai kinerja destinasi pariwisata halal unggulan di Indonesia.

Sumber: Tempo

Editor : Mulvi

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI