Sukabumi Update

Pepes Impun Cikaso Tegalbuleud Sukabumi, Cocok Buat Sahur dan Berbuka

SUKABUMIUPDATE.com - Pepes impun dari Cikaso, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi bisa dibilang salah satu kuliner langka. Tidak bisa ditemukan setiap hari lantaran ikan impun hanya muncul pada musim tertentu saja. Musim kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan.

BACA JUGA: Musim Impun Sungai Cimarinjung, Warga Ciemas Sukabumi Ketiban Berkah Ramadan

Biasanya dalam kurun waktu satu tahun, bisa satu atau dua kali muncul. Ikan impun didapat dari Muara Sungai Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Ikan impun juga bisa ditemukan di sepanjang Sungai Marinjung yang bermuara di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, yang juga sedang memasuki masa panen.

"Ikan impun cocoknya dipepes. Tapi tergantung selera juga. Ada yang dioseng dan dipindang. Cocok juga kalau buat sahur dan buka puasa," kata Sandi Kuswara, warga Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/5/2019).

Sandi menambahkan, cara mengolah impun dengan cara dipepes, relatif mudah dan bisa disajikan dengan cepat. Dari satu liter impun bisa dijadikan dua atau tiga bungkus pepesan, tergantung ukurannya. Makin nikmat ditambah bumbu seperti bawang merah, bawang daun, surawung, bumbu penyedap dan cabai merah.

"Dibungkus pakai daun pisang, dipais (dikukus) selama kurang lebih 30 menit, langsung bisa dikonsumsi. Ada pula yang dioseng hanya pakai bumbu penyedap, kunyit, bawang merah dan bisa juga pake kecap manis. Tergantung selera," pungkas Sandi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI