Sukabumi Update

Ada Wisata Langit di Selatan Sukabumi, Kunjungi POB Cibeas

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Observasi Bulan (POB) yang berada di Kampung Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk memantau hilal, namun juga sebagai objek wisata langit. 

Pengelola POB Cibeas, Dede Sudarta menjelaskan, POB Cibeas dibuat pada tahun 2013 dan diresmikan tahun 2017. Lokasi tersebut, selain digunakan untuk wisata religi, pusat observatorium dan wisata langit, juga kini menjelma menjadi salah satu ikon khas Sukabumi.

"POB Cibeas ini diresmikan oleh Bupati Sukabumi. Kita berharap kedepan fasilitas disini lebih lengkap. Insyaallah dengan dukungan pemerintah daerah maupun pusat, kita akan membangun lagi fasilitas tambahan. Salah satu usaha kita untuk mengoptimalisasikan POB ini menjadi pusat wisata langit di Kabupaten Sukabumi," ungkap Dede.

Pemandangan di POB Cibeas yang mengarah langsung ke laut. | Sumber Foto: Nandi

Di POB Cibeas ini pengunjung bisa melihat taman langit, menikmati suasana alam sambil belajar memperdalam tentang benda-benda langit melalui teropong bulan. Sampai saat ini banyak pengunjung yang menjadikan POB Cibeas sebagai salah satu pilihan berwisata.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata langit ini, tidak usah takut tersesat. Dari arah Kota Sukabumi, dapat di tempuh kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau sekitar 68 kilometer ke arah Palabuhanratu.

Patokannya sebelum sampai ke Palabuhanratu tepatnya di pertigaan jembatan kuning sungai Cimandiri Bagbagan Desa Cidadap belok kiri menuju arah Kecamatan Simpenan -Kiara Dua. Nanti sekitar 20 menit perjalanan tepatnya di pertingaan Loji - Kiara Dua tinggal belok ke arah kanan menuju jalur sabuk geopark tujuan objek wisata Kwan Im, Desa Sangrawayang.

Selanjutnya setelah sampai di objek wisata Kwan Im pengunjung tinggal bertanya lokasi POB Cibeas. Akan ada banyak warga sekitar yang menunjukan akses menuju POB Cibeas.

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI