Sukabumi Update

Panorama Cikondang Cimanggu Sukabumi Banjir Wisatawan, Ada Apa Disana?

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa objek wisata yang ada di Sukabumi Selatan menjadi buruan wisatawan lokal maupun luar daerah. Bukan hanya destinasi wisata pantai, namun wisata panorama alam seperti Panorama Cikondang Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, menjadi tempat ideal berlibur bersama keluarga.

BACA JUGA: Panorama Cikondang Sukabumi Manjakan Pengunjung dengan Gazebo dan Jogging Track

Panorama Cikondang terletak di Kampung Cikondang RT 06/02 Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu. Berjarak hanya sekitar satu kilometer dari Kantor Desa Cimanggu. Akses menuju lokasi tersebut, dari Alun-alun Jampang Kulon masuk ke Jalan Cimanggu-Kalibunder dengan tujuan Kantor Desa Cimanggu.

Di lokasi tersebut, wisatawan akan disuguhi suasana di ketinggian hingga memandang lepas aliran Sungai Ciseureh, Sungai Cisuru, perbukitan dan persawahan, serta beberapa curug dari aliran Sungai Ciseureh, yakni Curug Cipecang, Curug Cipurut, Curug Rajiam dan bebatuan unik yang bentuknya seperti Batu Papan.

Ratusan wisatawan memenuhi area objek wisata Panorama Cikondang, Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (7/6/2019). | Sumber Foto: Istimewa

"Mulai dari H+1 hingga H+2 lebaran, pengunjung yang datang sekitar 400 sampai 700 motor. Mobil setiap hari sekitar 25 mobil," kata pegiat Wisata Panorama Cikondang, Apen Supendi (41 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (7/6/2019).

Selain pengunjung lokal, lanjut Apen, beberapa wisatawan juga datang dari Jakarta, Bogor dan Tangerang. Ada yang menggunakan sepeda motor, ada pula yang menggunakan mobil. "Tapi kebanyakan mereka menggunakan motor," lanjutnya.

BACA JUGA: Infrastruktur Belum Baik, Pengunjung di Curug Cikurutug Jampangtengah Membludak

Apen menyebut, untuk masuk ke objek wisata Panorama Cikondang tidak pakai tiket, cuma dikenakan biaya parkir dan biaya kebersihan. Satu motor dibanderol Rp 5.000, sedangkan untuk mobil Rp 10.000. 

"Untuk warung sudah tersedia komplit. Makanan ringan, minuman ringan serta nasi liwet dan bakar ayam atau ikan, semuanya ada. Pengunjung bisa pesan nasi liwet serta ikan kesukaan dengan suasana alam yang khas," beber Apen.

"Selain melihat pemandangan alam dari ketinggian Panorama Cikondang, mereka bisa diantar kalau mau ke Curug, dengan jalan kaki sekitar 300 meter ke arah bawah dari Panorama Cikondang," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI