Sukabumi Update

Coming Soon! Konservasi Ikan Lewat Acara Mancing di Situ Zen Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu upaya restocking atau penambahan stok ikan di objek wisata Situ Zen Sukabumi, akan digelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat.

BACA JUGA: Ulin Bareng Sukabumi Update - Situ Zen Caringin Sukabumi

Restocking adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan.

Kegiatan akan digelar pada Sabtu, 29 Juni 2019 mendatang di Objek wisata yang berlokasi di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi tersebut.

Kegiatan melibatkan Pesantren Akademi Dawah Indonesia (ADI) Al-Bukhari Sukabumi, bekerja sama dengan sukabumiupdate.com. Pihak panitia, Asep Syamsul Munawar menjelaskan, masyarakat yang nantinya akan memancing di Situ Zen akan 'dihukum' harus membayar ikan yang dikonservasi sebesar Rp 10.000 per orang.

"Perlu diingat, pemanfaatan sumber daya ikan di perairan umum yang kurang bijaksana dikhawatirkan menimbulkan hal-hal yang dapat membahayakan lingkungan hidup dan kelestarian sumberdaya ikan itu sendiri," kata Asep kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (22/6/2019).

BACA JUGA: Situ Zen, Objek Wisata Baru di Caringin Sukabumi yang Cocok Sebagai Tempat Ngabuburit

Melalui kegiatan ini, Asep berharap pelaksanaan penebaran ikan di perairan umum ini akan mempengaruhi peningkatan stok populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan, meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

"Nah, pengelolaan perairan umum yang baik yang diikuti dengan pelestarian sumber daya ikan melalui upaya penebaran bibit ikan atau restocking akan sangat besar manfaatnya bagi kelanjutan produktivitas dan keseimbangan ekosistem perairan. Itulah yang mendasari kegiatan ini," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI