Sukabumi Update

Es Kopi Salaka dari Cicurug Sukabumi, Punya Resep Rahasia

SUKABUMIUPDATE.com - Es Kopi menjadi inovasi baru dalam penyajian kopi. Umumnya kopi selalu dihidangkan saat panas. Kini sajian kopi seperti itu menjadi salah satu menu favorit yang diburu banyak kalangan. 

BACA JUGA: Kenalan Dengan Kopi Lokal Sukabumi di Kedai Palagan Bojongkokosan Parungkuda

Seperti Es Kopi di Kedai Salaka, tepatnya di Jalan Koramil, Kampung Caringin Tonggoh, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Es kopi, yang diberi nama Es Kopi Salaka ini menjadi menu andalan di kedai tersebut. 

"Sehari hampir 40 botol Es Kopi Salaka yang terjual," ujar pemilik kedai, Wisnu Sura Wardana kepada sukabumiupdate.com, Jumat (19/07/2019).

Wisnu enggan menyebutkan komposisi yang menjadi menu andalannya itu. Karena ia khawatir, jika disebutkan komposisinya takut banyak ditiru orang lain. Namun dalam jajakan menu kopi lainnya seperti V60, atau Espresso, pengunjung bisa melihat langsung pembuatannya.

"Enggak deh, takut banyak yang meniru. Nah kalau menu yang lain boleh liat langsung prosesnya di kedai," singkatnya. 

Kedai mulai buka pukul 15.00 WIB dan tutup pukul 01.00 WIB. Lokasinya tak jauh dari SMAN 1 Cicurug. Kedai memiliki luas bangunan 12x12 meter persegi, menyematkan konsep open bar dan semi outdoor. 

BACA JUGA: Ngopi di Pujasera Cibadak Sukabumi, Jelas Beda

Wisnu menjelaskan, tujuan menerapkan konsep open bar ini, agar pengunjung dapat menyasikan proses pembuatannya dan bertanya langsung kepada barista soal pembuatan kopi itu. Konsep lainnya, lanjut Wisnu, ia ingin memberikan nuansa alam yang dihiasi ornamen-ornamen tumbuhan pada dinding serta sudut kedai sehingga menyerupai greenhouse.

"Saya inginnya ada instraksi antara barista sama pelanggan. Greenhouse itu ya karena kita emang suka suasana alam, jadi kita buat kedai kayak di alam," terangnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI