Sukabumi Update

Sop Ikan Marlin ala Palabuhanratu, Sekali Coba Dijamin Nagih

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Palabuhanratu begitu menggemari masakan ikan marlin atau jangilus, namun selama ini ikan marlin lebih banyak disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes.

Padahal ada olahan lain yang lebih sedap yaitu sop ikan marlin. Untuk terhindar dari bau amis, ikan yang digunakan adalah ikan segar dengan bumbu yang alami. Lalu seperti apa cara memasaknya?

BACA JUGA: Mancing di Ujunggenteng Strike Ikan Gelang Jeruk, Simak Cara Memasaknya!

"Ikan Marlin yang dan sudah dipotong-potong sesuai selera dicuci bersih kemudian direbus setelahnya diberi bumbu, goreng bawang putih, merah, irisan bawang daun, seledri dan penyedap rasa," ujar Aisyah (37 tahun) warga kampung nelayan Panyairan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Dengan cara memasak yang benar dan bumbu alami, daging ikan marlin yang berwarna putih dengan tekstur lembut ini tidak berbau amis saat dimakan serta rasanya dijamin sedap. Apalagi sop ikan marlin disajikan dalam kondisi masih hangat. 

BACA JUGA: Mencicipi Ikan Layur Bakar Cobek Racikan Nelayan Palabuhanratu

Aisyah mengungkapkan, sop ikan marlin cocok disandingkan dengan nasi liwet.

"Wah pokoknya nikmatlah di sajikan dengan nasi liwet yang masih hangat," jelasnya.

Saat ini harga ikan marlin di pasar ikan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dikisaran Rp 60 ribu per Kilogram, cukup mahal tapi sebandinglah dengan rasa Ikan marlin yang enak. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI