Sukabumi Update

Bidara Arab Berbuah di Surade, Rasanya Asam Manis

SUKABUMIUPDATE.com - Pohon Bidara (Ziziphus mauritiana) bukan hanya sekedar tumbuh, namun bisa menghasilkan buah. Seperti halnya pohon Bidara yang ada di Kampung Banjarsari RT 03/01 Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Disebutkan Dalam Alquran, Buah Bidara Tumbuh Subur di Pajampangan Sukabumi

"Disini ada enam pohon bidara yang tumbuh. Ada yang sedang berbunga dan sudah berbuah," kata pemilik pohon Bidara, Entis Sutisna kepada sukabumiupdate.com, Kamis (15/8/2019).

Entis menjelaskan, pada usia satu tahun lebih, pohon bidara tersebut sudah berbunga dan berbuah. Salah satu keistimewaanya, bidara setelah habis buahnya, muncul lagi bunga dan berbuah, tidak mengenal musiman.

BACA JUGA: Matoa, Tanaman Khas Papua Tumbuh dan Berbuah di Surade

Buahnya berbentuk oval hingga bulat dengan ukuran 2,5-6, 25 sentimeter. Memiliki kulit buah halus, mengkilap dan tipis. Aromanya sangat khas dan menyengat dengan tekstur buat lembek berair.

"Buahnya dikonsumsi jangan terlalu matang, berwarna merah. Lebih cocok setengah matang,  berwarna hijau kekuningan. Akan terasa asam manisnya. Didalamnya ada biji yang dibungkus cangkang," lanjut Entis.

BACA JUGA: Manisnya Kecepot, Buah Khas Hutan GCP Ciemas Sukabumi

Bidara yang ditanam, lanjut Entis, merupakan jenis Bidara Arab, Memang pohon ini selain tumbuh di Arab, Cina, India, bisa juga tumbuh juga di Indonesia, khususnya di wilayah Pajampangan.

"Jadi, pohon tersebut bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, daerah tropis dan subtropis, dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Kondisi lain yang menentukan adalah suhu maksimum 34-48 derajat celcius dan suhu minimum 7-13 derajat celcius. Buah bidara ini selain dikonsumsi sendiri, ada juga yang pesan membeli," pungkas Entis.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI