Sukabumi Update

Yang Ngaku Mancing Mania Wajib Datang ke Bugel Cimarinjung Ciemas

SUKABUMIUPDATE.com - Selain menyimpan panorama alam yang indah, ternyata kawasan Geopark Ciletuh memiliki tempat-tempat yang rekomended untuk penghobi mancing salah satunya Bugel Cimarinjung. Penasaran? tempatnya di Kampung Cimarinjung Desa Ciwaru berbatasan dengan Kampung Ciporeang, Desa Ciemas di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. 

Bugel Cimarinjung ini disebut juga dengan nama Situ Balekambang, karena keberadaanya dekat dengan Pantai Balekambang yang menjadi bagian dari Pantai Palangpang. Air di Bugel Cimarinjung ini begitu bersih karena berasal dari aliran Sungai Cimarinjung. 

BACA JUGA: Mancing di Ujunggenteng Strike Ikan Gelang Jeruk, Simak Cara Memasaknya!

Dari lokasi ini, sangat jelas terlihat perbukitan dan pemandangan birunya laut di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

"Panjang Bugel Cimarinjung diperkirakan dua kilometer, dengan lebar bervariasi dari hulu sampai hilir antara 7 - 10 meter, air tersebut dari aliran Curug Cimarinjung yang tertutup pasir pantai sehingga tidak bisa ke laut," ujar Sanud (55 tahun) warga Kampung Palangpang RT 03/01 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

BACA JUGA: Berwisata Sambil Salurkan Hobi, Ini Dia Spot Mancing Asyik di Sukabumi

Menurut dia, pada musim kemarau debit airnya kecil sebaliknya ketika musim hujan saat debit air besar maka air dari Bugel Cimarinjung ini pasti mengalir ke laut.

Ikan hasil mancing di Bugel Cimarinjung.

"Kedalaman musim hujan mencapai 1 hingga 2 meter, kalau lagi surut diperkirakan 30 - 50 centimeter namun ada juga yang lebih," jelasnya.

BACA JUGA: Ingin Hasil Tangkapan Banyak, Ini Waktu yang Tepat Mancing di Pantai Cilegok

Warga yang datang ke tempat ini bisa memancing sepuasnya. Sehingga tak hanya dari daerah Ciemas saja, banyak pemancing yang datang dari luar daerah. Ejeng (63 tahun), diantaranya. Dia datang bersama teman-temannya dari Kampung Cimulek, Desa Waluran, Kecamatan Waluran, untuk mendapatkan kepuasan sebagai pemancing.

"Dilokasi ini hampir setiap hari selalu ada yang mancing, mulai dari pukul 10.00 WIB sampai sore hari," ujar Ejeng.

Menurut Ejeng, berbagai jenis ikan tumbuh subur ditempat ini seperti bagad, mili, jaer laut dan kapuran. "Kalau lagi mujur bisa mendapatkan 2 sampai 3 kilogram, mancing disini itu sambil refreshing," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI