Sukabumi Update

Dendeng Ikan Layur Racikan Warga Palabuhanratu, Penasaran Rasanya?

SUKABUMIUPDATE.com - Wisatawan yang berlibur ke kawasan objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak lengkap apabila pulang tanpa membawa oleh-oleh. Apabila memilih produk kuliner sebagai oleh-oleh, mungkin dendeng ikan layur ini  bisa jadi pilihan.  

Ikan layur yang biasanya dinikmati dengan cara dibakar ataupun digoreng ternyata bisa disajikan dalam bentuk dendeng. Dendeng yang satu ini diproduksi Siti Mardiah (47 tahun) warga Kampung Badak putih, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.

BACA JUGA: Ikan Asin dan Dendeng Layur Ujung Genteng Dijamin Bikin Makan Kamu Makin Berselera

"Dendeng ikan layur ini dibuat secara khusus, proses pembuatannya memakai bumbu yang terdiri dari rempah-rempah alami tanpa bahan pengawet," ujar Siti Mardiah kepada sukabumiupdate.com.

Lebih lanjut, Mardiah menjelaskan ikan layur yang digunakan harus segar. Untuk mendapatkan ikan seperti ini maka harus langsung dari nelayan. Masuk ke proses pengolahan, ikan layur terlebih dulu dibersihkan jeroannya lalu direndam di dalam air bersih yang sudah dicampur bumbu-bumbu. Merendamkanya membutuhkan waktu selama tiga jam. 

BACA JUGA: Ikan Asin dan Dendeng Produksi 4 Pilar Ujunggenteng, Dipasarkan hingga Makassar

"Setelah direndam selanjutnya dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, setelah itu dipotong-potong sesuai ukuran lalu dimasukan ke dalam kemasan. Untuk rasanya dijamin lezat, rasa asinnya pas, aroma bumbunya akan muncul ketika digoreng. Dendeng ikan layur ini cocok dinikmati dengan nasi liwet hangat, sambal terasi dan lalapan," tandasnya.

Satu kemasan dendeng ikan layur ini di jual dengan Rp 10 ribu isi lima potong dendeng. Adapun untuk penjualan saat ini sudah merambah ke Bogor, Cianjur dan Kota Sukabumi serta Banten. Bagi yang ingin mencoba bisa datang langsung ke Kampung Badak Putih RT 05/09, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu atau via Buka lapak atau nomor Whatsapp 085863339285.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI