Sukabumi Update

Gua Raksasa dan Pasir Hitam di Pantai Cikawung Karang Bolong Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Selain kaya akan sumber daya alam pasir besi, ternyata Pantai Cikawung Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi menyimpan potensi wisata yang memukau. Pantai tersebut lokasinya berbatasan dengan Pantai Cicaladi Desa Sukatani, Kecamatan Surade.

BACA JUGA: Berwisata di Laut Geopark Ciletuh Ciemas Naik Perahu, Bisa Snorkeling Juga!

"Dengan hamparan pasir hitam dan bebatuan yang unik, Pantai Cikawung cocok dijadikan wisata edukasi," ucap pegiat wisata Pajampangan, Muhamad Teguh (52 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (14/9/2019).

Teguh memaparkan, pantai tersebut sangat unik secara geologi. Ada patahan menyambung dengan plato Jampang. Belum lama ini ia bersama tim dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, DPESDM Kabupaten Sukabumi, Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) dan Geologi Unpad.

"Tujuannya melakukan pendataan dan penilaian potensi warisan atau kekayaan Pantai Karang Bolong, yang nantinya akan dijadikan Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu," lanjut Teguh.

Pantai Cikawung Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Reporter: Ragil Gilang

"Kurang lebih luasnya 10 hektare, menurut tim survey. Kawasan tersebut potensi untuk kawasan cagar alam geologi, jadi intinya ada kejelasan zona mana saja yang boleh ditambang dan tidak boleh ditambang," pungkas Teguh.

Sementara itu salah seorang pegiat komunitas Jampang Peduli (Jampe), Uj Sukma Wijaya menambahkan selama ini Pantai Karang Bolong sering dijadikan lokasi kemping dan menikmati panorama pantainya yang bersih.

BACA JUGA: Menjelajahi Pantai Cisantri Lojiwood Sukabumi yang Tersembunyi

Banyak akses menuju lokasi tersebut. Bisa jalur offroad adventure melalui Pantai Minajaya, lewat Muara Cipamarangan, Pantai Cicaladi Desa Sukatani dan Pantai Cikawung Karang Bolong, Bisa juga lewat jalan Desa Cipeundeuy menuju Desa Sukatani dan arah Pantai Cicaladi.

"Dan akses dari jalan Cikaso Tegalbuleud, masuk ke kawasan hutan jati, namun kondisi jalannya bebatuan. Pantai Cikawung ini potensi wisatanya masih alami, karena memang pada tahun ke belakang dijadikan tambang pasir hitam," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI