Sukabumi Update

Resep Getuk Singkong Khas Palabuhanratu yang Rasa Manisnya Bikin Ketagihan

SUKABUMIUPDATE.com - Getuk singkong merupakan salah satu makanan tradisional yang tak tergeser dengan kehadiran kuliner modern. Hal yang membuat getuk eksis hingga kini adalah rasanya yang sedap, cara membuatnya begitu sederhana dan bahan baku yang mudah didapatkan. 

Bahan utama getuk adalah singkong, untuk rasa manisnya menggunakan gula merah. Adapun rasa gurih dihasilkan dari parutan kelapa. Warga Kampung Cibodas, Desa Cibodas, Kecamatan palabuahnratu memiliki resep agar kualitas rasa getuk ini tetap terjaga yaitu singkong yang dipakai mesti segar.

BACA JUGA: Dibalik Renyahnya, Ini Dia Proses Produksi Enye Singkong KWT Rizki Tani Surade Sukabumi

"Singkong yang akan dibuat olahan getuk ini harus segar supaya menghasilkan getuk sehat dan enak," ujar Meli Alianti (39 tahun) warga Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu.

Dijelaskan Meli, satu buah singkong berukuran pergelangan tangan dewasa sepanjang kurang lebih 30 cm dipotong jadi tiga bagian dan kulitnya dikupas setelah itu direndam air sambil dibersihkan lalu dikukus sampai matang.

"Nah setelah matang baru di tumbuk sampai halus, jangan lupa juga dicampur dengan gula aren ataupun gula putih secukupnya sesuai selera. Agar getuk yang dihasilkan halus dan lembut merata diulek pakai tangan bisa tapi harus pakai sarung tangan dari plastik itu supaya kebersihannya tetap terjaga," terangnya.

Setelah proses penumbukan selesai, adonan yang sudah jadi langsung dimasukan ke loyang dan dipotong-potong sesuai selera kemudian ditaburi parutan kelapa.

BACA JUGA: Intip Produksi Kripik Singkong Balado Rasa Buah Dari Gang Titiran Kota Sukabumi

"Lebih enak lagi setelah ditaburi parutan kelapa ditaburi madu asli untuk menciptakan rasa yang enak dan rasa manisnya benar-benar terasa," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI