Sukabumi Update

Mencoba Pentoel Ikan Tuna di Cicurug, Kuliner Olahan Laut yang Kekinian

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi yang suka makanan berbahan dasar ikan laut, pentoel ikan tuna ini wajib dicoba. Di Kampung Nempel, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terdapat stan berukuran 1,5 meter x 60 centimeter yang menjual makanan tersebut.

BACA JUGA: Ragam Kuliner Olahan Laut Khas Pesisir Selatan Sukabumi, Pilih Mau yang Mana?

Pedagang Cecep Sopian (24 tahun) mengatakan, bahan yang dibutuhkan serta cara membuat pentoel ikan tuna sangat mudah. Persiapkan tepung, ikan tuna, telur dan tepung tapioka. Bahan itu kemudian diaduk menjadi satu, lalu dibentuk bulat menyerupai bakso.

"Cara pengolahannya, adonan yang sudah dibentuk lalu direbus, setelah direbus kemudian digoreng," ujar Cecep kepada sukabumiupdate.com, Minggu (22/9/2019).

Cecep mengaku membuat makanan tersebut terinspirasi dari media sosial. Setelah itu, dirinya mencoba di rumah. "Pas saya coba enak. Tapi itu juga setelah saya mencoba membuatnya berulangkali," imbuhnya.

Satu tusuk pentoel ikan tuna Rp 2.500. Dalam satu tusuk itu terdapat dua butir pentoel ikan tuna. Agar lebih mantap, pentoel ikan tuna disajikan dengan balutan saus. "Dalam sehari saya bisa menjual 100 tusuk pentoel ikan tuna," tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI