Sukabumi Update

Si Imut nan Manis Martabak Mini Sawung Palapah Waluran Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Martabak, penganan populer yang akrab di lidah para pecinta kuliner di Indonesia. Cemilan manis yang bisa dicampur cokelat, keju dan aneka bahan lainnya yang menggugah selera.

Martabak biasa ukurannya cukup besar dan bisa dinikmati lima sampai enam orang.  Namun, tak sedikit juga yang menginovasi ukurannya menjadi lebih kecil, atau biasa disebut martabak mini. Selain manis, martabak mini menambah kesan imut. Selain itu, cara pembuatannya cukup sederhana.

BACA JUGA: Bolu Singkong Surade Sukabumi, Manis Legit Berlapis

Hal itu yang menginspirasi Ari Ramdani, salah seorang pembuat martabak mini asal Caringinnunggal, Kabupaten Sukabumi. Ari cukup menyediakan campuran tepung terigu, soda kue, gula, santan dan bahan-bahan yang lainnya. Ari tak jarang menambahkan topping agar kesan imut semakin melekat.

"Cukup siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, telur, gula pasir, mentega atau margarin, baking powder, garam, dan bahan lainnya. Tambahkan topping sesuai selera. Saya buat ini, kadang untuk konsumsi sendiri, kadang untuk dijual," kata Ari kepada sukabumiupdate.com, Minggu (27/10/2019).

BACA JUGA: Penganan Legit Bolu Kukus Ketan Hitam Racikan Warga Surade, Boleh Dicoba Nih!

"Cara membuatnya, campur telur, garam dan ragi instan tergantung selera. Kemudian kocok hingga gula larut dan rata, masukan tepung terigu, tepung tapioka dan air sambil terus diaduk hingga tekstur adonan cair. Setelah itu masukan mentega cair dan aduk. Sambil diaduk, tambahkan baking powder dan aduk lagi sampai rata. Siapkan cetakan martabak mini, tuangkan adonan pada cetakan yang digunakan sampai terisi setengah," lanjut Ari.

Masih kata Ari, martabak matang setelah warnanya kecokelatan. Martabak matang diangkat lalu tambahkan topping sesuai selera. "Untuk yang mau mencoba martabak mini ini bisa berkunjung ke Sawung Palapah Kampung Cidahu, Desa Caringinnunggal, berada di ruas jalan Mareleng - Tamanjaya Geopark Ciletuh. Harga satunya Rp 2.000 hingga Rp 3.000," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI