Sukabumi Update

Berlibur Sambil Berburu Kerang di Pantai Karanghawu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir pekan dimanfaatkan wisatawan dan warga sekitar Pantai Karanghawu, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi untuk berburu kerang laut.

BACA JUGA: Makan Kerang Teritip Mentah Hasil Berburu di Pantai Karang Merak Sukabumi, Berani Coba?

Salah seorang warga Cisolok, Herdiana (45 tahun) menyebut dalam tiga hari terakhir di Pantai Karanghawu saat ombak sedang surut, selalu ramai dikunjungi warga sekitar untuk berburu kerang.

"Iya beberapa hari ini banyak kerang, atau orang sini bilangnya remis. Kemarin ada warga dalam beberapa menit dapat kerang satu plastik hitam berukuran besar. Diperkirakan 20-25 kilogram," ujar kepada sukabumiupdate.com, Minggu (27/10/2019). 

BACA JUGA: Meski Ubur-ubur Meneror Wisatawan Tetap Padati Pantai Karanghawu

Masih kata Herdiana, warga biasanya berburu kerang laut yang berwarna kemerahan ini sejak pagi, sekitar pukul 07.00 WIB saat ombak sedang surut hingga menjelang siang. Sementara untuk sore hari dimulai pukul 14.00 WIB hingga sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kalau alat untuk menangkapnya, ya seadanya aja. Ada yang pakai serokan, ada juga yang mengambil kerang langsung, yang menempel di batu karang maupun yang sudah berserakan di pasir yang terdampar setelah diseret ombak," tandasnya.

BACA JUGA: Video: Detik-detik Penyelamatan Korban Tenggelam di Pantai Karanghawu Palabuhanratu

Sementara itu, Ilham (29 tahun) warga lainnya mengaku berburu kerang untuk dikonsumsi, bukan untuk dijual kembali. "Kemarin mah dapat banyak. Sekarang mah sedikit. Kalau diolah, kerang ini rasanya enak. Jadi untuk dikosumsi saja, bukan untuk dijual," singkatnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI