Sukabumi Update

Agrowisata Cisande Sukabumi, Bisa Panen Sayuran Tanpa Punya Kebun

SUKABUMIUPDATE.com - Anda tertarik untuk berwisata sekaligus belajar pertanian? Jika iya, anda harus datang ke agrowisata Cisande di Kampung Pondokleungsir RT 24/07, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang paling seru di objek wisata ini yaitu pengunjung bisa panen sayuran serasa punya kebun sendiri.

Selain panen sayuran, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Agrowisata Cisande seperti outbound, flying Fox, treking, panahan, dan laboratorium alam. 

BACA JUGA: Dari Sukajaya Kabupaten Sukabumi Menuju Desa Agrowisata Edukatif

 

Taman bungan matahari di agrowisata Cisande di Kampung Pondokleungsir RT 24/07, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

"Agrowisata adalah perpaduan antara pariwisata dan pertanian atau perkebunan yang dikombinasikan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi masyarakat. Orang-orang dapat belajar tentang perkebunan, menikmati buah segar hasil petikan langsung dari pohonnya, atau sekedar jalan-jalan menghirup aroma segar yang jarang mereka jumpai diperkotaan," tutur Ketua BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) Anugerah Tani, Maman Mulyana, kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/11/2019).

BACA JUGA: Warga Pasirdatar Indah dan Sukamulya Dukung PT SNN Bangun Agrowisata

Maman menyatakan, agrowisata adalah cara baru bagi petani untuk mendapatkan penghasil tambahan karena disamping menjual hasil tani juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat perkotaan untuk belajar tentang pertanian dan perkebunan. Agrowisata Cisande sejatinya dibawah binaan lembaga kemanusiaan Rumah Zakat dan dikelola oleh BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) Anugerah Tani. 

"Selain kegiatan wisata, juga tersedia untuk belajar wirausaha bagi pelajar, seperti budidaya cacing, budidaya Lele, pengolahan abon lele, workshop pembuatan busur dan panah. Jadi, bisa disebut juga sebagai ekonomi kreatif masyarakat," pungkas Maman.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI