Sukabumi Update

Lobster Pasir Bakar, Hidangan Nikmat nan Kaya Rempah Khas Pantai Minajaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Berlibur ke pantai di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi tak cukup menikmati keindahan alamnya saja karena wisatawan juga wajib mencicipi olahan masakan laut atau sea food.

Ketika berwisata ke Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ada olahan istimewa yaitu lobster bakar. Adapun lobster yang menjadi primadona yaitu lobster pasir.

BACA JUGA: Resep Rumahan Lobster Ala Warga Pesisir Ujung Genteng Sukabumi

"Ada beberapa jenis lobster yang memang diburu oleh para wisatawan, salah satunya lobster pasir," ujar Uleh Setiawan (42 tahun)  pemilik warung di objek wisata Pantai Minajaya Kecamatan Surade, Kamis (5/12/2019).

Lobster termasuk hewan yang memiliki kulit keras. Namun ketika dimasak, lobster memiliki daging yang lembut dan rasa yang lezat. "Kebanyakan para pengunjung ke Pantai Minajaya selalu memesan bakar lobster pasir," ucapnya.

BACA JUGA: Lobster Gajah, Lobster Unggul Khas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Dia menjelaskan, lobster pasir memeliki warna tubuh yang lebih gelap dibanding lobster pada umumnya dan terdapat bintik putih dari mulai kepala sampai pangkal ekor.

"Lobster pasir bisa diolah menjadi lobster kukus, rebus hingga digoreng pakai bumbu. Akan tetapi lebih lezat kalau dibakar," katanya.

BACA JUGA: Polisi Ringkus Tiga Penyeludup Bayi Lobster di Palabuhanratu

Untuk membuat lobster pasir bakar ada cara masak dan resepnya. Menurut Uleh, lobster yang akan dimasak dicuci bersih lalu dibelah tubuh bagian punggungnya. 

Untuk bumbu sediakan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, muncang, salam, sereh dan pedes. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus lalu tambah garam, bumbu penyedap dan diaduk dicampur minyak goreng.

BACA JUGA: Pelaku Usaha Lobster Sukabumi: Sosialisasi Harus Dibarengi Solusi Bagi Nelayan

"Lobster dibakar, setelah setengah matang dilumuri dengan bumbu tadi. Setelah benar-benar matang, sekitar 25 - 30 menit barulah diangkat dan siap dihidangkan, dengan sambel saus tiram, saus tomat maupun sambal cobek. Semu tergantung selera," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI