Sukabumi Update

Wisata ke Situ Datarnangka Sagaranten Sukabumi, Suasananya Masih Alami Cuy!

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata alam Situ Datarnangka di Kampung Cekdam RT 07/02 Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi baru saja dikembangkan oleh para pemuda karang taruna. Lokasi tersebut bisa menjadi pilihan akhir pekan anda.

BACA JUGA: Semakin Cantik, Ikon Baru Bagalbatre Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Ketua Karang Taruna Fajar Bakti Desa Datarnangka, Syarief Hidayatullah (37 tahun) mengatakan, situ tersebut memiliki panjang sekitar 400 meter dan lebar sekitar 60 meter.

"Luas keseluruhan situ tujuh hektare. Adapun kedalaman bervariatif, ada yang mencapai 10 meter. Kalau keberadaan Situ Datarnangka ini memang sudah lama, sejak 1993. Tpai baru dikembangkan dan ditata sekitar dua bulan ke belakang," kata Syarief kepada sukabumiupdate.com, Jumat (24/1/2020).

BACA JUGA: Nikmati Panorama Teluk Ciletuh Sukabumi Dari Angkasa, Cek Tarif Paralayang

Lanjut Syarief, akses menuju lokasi Situ Datarnangka dari arah kota Sukabumi bisa melalui jalan Bojonghaur, Kecamatan Lengkong lewat Kecamatan Pabuaran dengan jarak sekitar 60 kilometer. Sedangkan lewat jalan Sagaranten melalui jalan Ancean - Pabuaran sekitar 48 kilometer.

"Patokannya kantor Desa Datarnangka. Dari kantor desa ke lokasi situ sejauh 500 meter dengan kondisi jalan aspal dan tidak jauh dari jalan raya sekitar 100 meter," ungkap Syarief.

Situ Datarnangka di Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa

Ia menjelaskan, wisata alam Situ Datarnangka memang belum memiliki sarana pendukung, terutama untuk permainan air. Namun wisatawan bisa menikmati suasana sejuk di sekelilingnya, berfoto selfie di jembatan bambu sepanjang 30 meter. "Di lokasi juga ada jogging track dan sawung untuk beristirahat dan botraman. Bahkan lokasi situ sering dijadikan tempat perkemahan," jelasnya.

BACA JUGA: Pemandangan Memikat Mata dari Tangga Curug Cihideung Desa Sindangraja Sukabumi

Selama ini, masih kata Syarief, biaya untuk pengembangan dan penataan situ tersebut berasal dari swadaya para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Fajar Bakti Desa Datarnangka.

"Mudah-mudahan ke depannya, setahap demi setahap ada spot yang menarik. Untuk sementara ini, yang mau berkunjung ke Situ Datarnangka tidak ada pungutan karcis. Dan rencananya hari Minggu ini mau ada lomba selfie di sini," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI