Sukabumi Update

Curhat Penjaga Pantai di Palabuhanratu Ditengah Pandemi Covid-19

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah wabah Corona atau Covid-19, satuan tugas Pemandu Keselamatan Wisata Tirta (Satgas PKWT) atau Balawista di akhir pekan ini, Minggu (12/4/2020) tetap melakukan pengawasan di sepanjang objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Masih Ada Pengunjung dari Luar Daerah, Pantai Ujung Genteng Sukabumi Dipasang Plang

Koordinator Satgas PKWT Yanyan Nuryanto mengatakan, meskip sudah ada imbauan dari pemerintah daerah bahwa kawasan wisata ditutup sementara, tetap saja tak demikian dengan kondisi di lapangan.

"Kondisi di lapangan berbeda, karena tetap saja selalu ada wisatawan yang datang ke objek wisata pantai meskipun tidak banyak seperti saat libur panjang ataupun sebelum wabah virus Corona merebak," kata Yanyan kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Objek Wisata di Ciracap Sukabumi Ditutup Sementara

Yanyan dan rekan-rekannya tetap melakukan tugas pengawasan dan penjagaan objek wisata pantai. Mekanismenya dilakukan dengan menempatkan anggota secara selektif dan bergiliran di masing-masing pos pelayanan dan pengawasan, mulai dari Cisolok sampai Minajaya.

"Kami hadir di lapangan untuk memastikan bahwa di kawasan wisata pantai, baik masyarakat maupun wisatawan, mentaati edaran atau imbauan dari pemerintah tentang social distancing. Serta mencegah, meminimalisir adanya kriminalitas sekaligus melakukan identifikasi usaha masyarakat dalam pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

BACA JUGA: KLHK Tutup Jembatan Situgunung Sukabumi Hingga Waktu Belum Ditentukan

Namun begitu, sambung Yanyan, pihaknya juga menyadari risiko yang dihadapi mengingat APD anggotanya di lapangan sangat terbatas. "Langkah yang diambil oleh Satgas PKWT tidak lepas dari koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi dan Dinas Pariwisata," terangnya.

Sementara itu, Kepala Operasional dan SDM Satgas PKWT Kabupaten Sukabumi, Asep Edom mengatakan, sosialisasi di objek wisata pantai sudah sering dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, khususnya untuk kawasan wisata pantai Palabuhanratu.

"Objek wisata sebagian besar sepi, tidak ada wisatawan, hanya ada di beberapa titik dan Satgas PKWT hanya memberi imbauan aman berwisata. Pengawasan dilakukan di pukul 07.00 - 17.00 WIB," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI