Sukabumi Update

Layur Goreng Sambal Jahe Cabai Hijau, Olahan Nikmat dari Dapur Palabuhanratu 

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan layur merupakan jenis ikan yang paling banyak dihasilkan nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Kelezatan sajian ikan tersebut sudah begitu terkenal, mau dimasak dengan cara apapun.

Apalagi dengan cara digoreng renyah dan disajikan dengan sambal jahe cabai hijau, resep sederhana dari dapur warga Palabuhanratu.

BACA JUGA: Dendeng Ikan Layur Racikan Warga Palabuhanratu, Penasaran Rasanya?

Warga Palabuhanratu, Hilmi Ayu Dewi (34 tahun) punya resep mengolah menu ini. Menurut dia bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasaknya pun simpel. 

"Ikan Layur segar dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dipotong sesuai selera selanjutnya ditaburi bumbu penyedap rasa untuk digoreng," ujar Hilmi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/6/2020).

BACA JUGA: Mencicipi Ikan Layur Bakar Cobek Racikan Nelayan Palabuhanratu

Masih kata Hilmi, cara menggoreng layur sama seperti menggoreng ikan pada umumnya. Hanya saja ikan layur yang sedang digoreng dalam wajan jangan sering dibolik-balik, hal itu dilakukan agar ikan tidak rusak. Setelah digoreng tiriskan. 

Adapun untuk pembuatan sambal, siapkan cabai rawit yang masih berwarna hijau, tomat dan jahe. Untuk jahe, harus dibakar terlebih dahulu di atas bara api hingga setengah matang. Tujuan jahe dibakar supaya sambal semakin beraroma. Ulek sampai halus cabai rawit, tomat dan jahe kemudian tambah penyedap rasa. 

Sambal siap, layur sambal jahe cabai hijau pun siap dinikmati. "Ikan layur goreng renyah sambal cabai hijau ini enaknya di antap dengan nasi liwet yang hangat, dijamin lebih nikmat," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI