Sukabumi Update

Bukit Pamancar Jampang Tengah Sukabumi, Pemandangan yang Bikin Betah dari Lahan Perkebunan

SUKABUMIUPDATE.com - Sensasi yang paling berkesan dari sebuah pendakian adalah mencapai puncak gunung. Sudah terbayang kan, dari ketinggian itu hamparan alam yang terbentang luas dan indah akan begitu nampak jelas.

Tapi di daerah selatan Kabupaten Sukabumi, ada yang namanya bukit Pamancar di Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah. Ketika berada di puncak bukit ini sensasinya seperti berada di puncak gunung yang tinggi, dari puncak ini terlihat jelas pemandangan Gunung Gede dan Gunung Salak.

BACA JUGA: Bukit Teletubbies, Rekommended untuk Penikmat Senja di Ciracap Sukabumi

Dan ketika malam, kerlap kerlip lampu dari rumah-rumah warga di daerah selatan dan utara Kabupaten Sukabumi akan terlihat jelas. Tempat ini cocok bagi penghobi gunung dan yang suka camping dan berada pada ketinggian 750 mdpl.

Pemandangan dari Bukit Pamancar di kawasan tanah perkebunan PT Djaya Sindu Agun, Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Bukit Pamancar yang berada di kawasan tanah perkebunan PT Djaya Sindu Agung ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Sukabumi. 

BACA JUGA: Bukit Pasirkaung Tenjolaut, Bisa Lihat Sunset di Laut Cianjur dari Sukabumi

"Perbukitan tersebut dinamakan Bukit Pamancar, karena dulunya ada pemancar atau tower,namun sekarang sudah tidak ada," kata Kepala Desa Jampang Tengah, Agus Jayadi Ramli, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/7/2020).

Menurut Agus bukit Pamancar ini berjarak 3 kilometer dari kantor desa apabila ditempuh dengan jalan kaki membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

BACA JUGA: Harap Sabar, Spot Bukit Piramid di Girimukti Sukabumi Masih Ditutup Selama Wabah Corona

Menurut dia, lokasi tersebut belum menjadi tempat wisata, atau camping secara resmi, akan tetapi sering dikunjungi oleh wisatawan. "Sebenarnya belum dibuka secara resmi sebagai tempat wisata, namun sudah banyak pengunjung yang menjajakan kakinya ke bukit tersebut, " ungkapnya.

Pemandangan dari Bukit Pamancar di kawasan tanah perkebunan PT Djaya Sindu Agun, Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Tempat tersebut kata Agus, memang cocok untuk lokasi camping ground. 

"Setelah berada dipuncak bukit bisa melihat keindahan Gunung Salak, Gunung Gede, dan saat malam hari terlihat keindahan kerlap kerlip lampu dari Kota Sukabumi, Cibadak, Parakan Salak dan masih banyak lagi dari daerah Kabupaten Sukabumi," jelasnya.

"Namun bagi anda yang ingin mencoba menikmati suasana Bukit Pamancar, harus ditemani oleh warga setempat atau guide," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI