Sukabumi Update

Kali Cibala, Spot Favorit Mancing Mania di Curugkembar Sukabumi yang Bikin Betah

SUKABUMIUPDATE.com - Kali Cibala, hulu Sungai Cibuni berada di Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

Kali atau sungai yang memisahkan Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur itu ternyata merupakan salah satu lokasi favorit mancing mania.

BACA JUGA: Main Sepuasnya di Curug Cikukulu Ciracap Sukabumi, Cukup Bayar Parkir Seikhlasnya

"Kali Cibala berada di hulu Sungai Cibuni, menjadi lokasi berburu ikan yang termasuk langka," ucap M Farid Akbar Ahmadi, warga Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar kepada sukabumiupdate.com, Minggu (12/7/2020).

Farid menyebut, di kali tersebut, hidup ikan-ikan yang memang tergolong langka, seperti ikan soro, regis dan banyak juga sidat.

"Kali Cibala habitat dua ikan yang langka, ikan regis penghuni Sungai Cikaso, dan ikan soro hidup dialiran Sungai Cibuni," jelasnya.

Kali Cibala, hulu Sungai Cibuni di Desa Mekartanjung Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Sukabumiupdate.com/Ragil Gilang

Bukan itu saja, kata Farid, yang menjadi keistimewaannya, sepanjang kali memiliki spot yang menarik dengan latar belakang bebatuan dan keindahan alam. Bahkan, ia menilai aliran Kali Cibala memiliki potensi untuk arung jeram.

"Mencapai lokasi tersebut sangat mudah. Patokannya dari kantor Kecamatan Curugkembar sekitar tujuh kilometer. Kalau dari kantor desa, sekitar dua kilometer. Akses jalan menuju lokasi sudah diaspal, namun sudah rusak," bebernya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI