Sukabumi Update

Lepas Penat dengan Warna Warni Ikan di Embung Gupitan Wanadesa Cimanggu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat wisata yang ada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi ini, sejatinya adalah embung yang berfungsi untuk menampung kelebihan air pada saat terjadi hujan.

Air yang ditampung tadi digunakan sebagai persediaan saat musim kering tiba termasuk untuk mengairi lahan pertanian di daerah tersebut.

BACA JUGA: Embung Gupitan Wanadesa, Wahana Air di Panorama Cikondang Cimanggu Sukabumi

Tapi embung bernama Gupitan Wanadesa yang berada di lokasi Panorama Cikondang dijadikan objek wisata karena tempatnya yang pas untuk melepas penat. 

Apalagi ketika melihat ribuan ekor ikan warna warni yang hidup di embung tersebut. Suasana pun bertambah asyik ketika pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan tersebut. 

BACA JUGA: Indahnya Panorama Alam Cikondang Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi

"Wahana air embung Gupitan Wanadesa baru dibuka sekitar satu bulan, selain menjadi lokasi wisata di embung tersebut ditanami ikan," ujar Kepala Desa Cimanggu, Anton Muharam, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (17/7/2020).

Berbagai jenis ikan sengaja ditanam di embung tersebut seperti ikan koi, ikan metalik, ikan nila merah, ikan nilem, ikan endemik (Regis), udang galah, ikan sepat dan ikan mas kampung.

BACA JUGA: Panorama Cikondang Cimanggu Sukabumi Banjir Wisatawan, Ada Apa Disana?

"Jumlahnya ribuan, dan ikan ikan yang ditebar di Embung Gupitan Wanadesa menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung," pungkasnya.

Air yang ada di embung seluas 1,5 hektar tersebut berasal dari aliran Sungai Cibeureum. Adapun kedalaman embung variatif dan terdalam 5 meter. Untuk menuju lokasi tersebut, dari alun-alun Jampang Kulon, menuju jalan Cimanggu - Kalibunder, dengan patokan kantor Desa Cimanggu. Dari kantor sekitar satu kilometer sampai dilokasi wisata Panorama Cikondang.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI