Sukabumi Update

Resep Es Krim Ubi Jalar Ungu, Camilan Dingin untuk Menu Diet

SUKABUMIUPDATE.com - Es krim merupakan makanan dingin yang banyak disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang lezat, manfaatnya juga baik untuk kesehatan.

Apalagi kalau kamu memilih bahan yang tepat seperti ubi jalar ungu. Baik untuk camilan dingin untuk program diet, yuk coba resep Es Krim Ubi Jalar Ungu dirangkum Suara.com dari Cookpad @KUALI_QUE Dewi Rini.

Bahan-bahan

1 Box

300 gr Ubi jalar Ungu (kukus)

400 ml santan kental 

1 sachet Susu Kental Manis

1 batang kayu manis (optional)

3 butir cengkeh (optional)

80 gr gula pasir

1/2 sdt garam

1 sachet Vanili

1 lembar daun pandan (optional)

1 sdm Maizena, larutkan

100 ml Whipped Cream 

Untuk Topping sesuai selera

Buah nangka diiris kecil

Bubur Ketan Hitam (Me, Pake bubur ketan hitam sisa bubur Suronan)

Langkah membuat:

Hancurkan ubi ungu yang sudah dikukus sebelumnya, dengan menggunakan punggung garpu.Sisihkan dalam wadah. Masak santan susu cengkeh kayumanis pandan gulapasir garam vanili. Aduk hingga mendidih, kecilkan api.

Masukkan larutan maizena, aduk2 hingga mengental. Angkat dan dinginkan. Bila sudah dingin masukkan kedalam wadah yang berisi Ubi ungu halus, tambahkan pula whipped cream.

Aduk-aduk hingga rata, dan pastikan tidak ada gumpalan. kalo perlu disaring. Masukkan dalam wadah lain yang tertutup, lalu simpan dalam freezer sampai setengah beku.

Bila sudah setengah beku, keluarkan dari freezer. Keruk-keruk permukaan es creamnya, ambil sebagian lalu Mixer/Blender es cream sampai lembut. Tuang dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer kembali. Lakukan point 5 ini sampai 2-3 kali, kalo saya sampai 3 kali proses blender (ini berfungsi untuk menghasilkan tekstur kristal es cream yang supeer lembut).

Pada proses blender yang terakhir (ketiga), sebelum dimasukkan kembali dalam freezer, Saya masukkan topping. Toppingnya sesuai selera, saya pake buah nangka dan bubur ketan hitam sisa dari bubur Suronan 1 Muharam. Lalu diaduk2 dengan menggunakan sendok hingga rata. Masukkan freezer kembali hingga es cream benar-benar beku.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI