Sukabumi Update

Nila Goreng Sambal Jahe, Olahan dari Selatan Sukabumi yang Bisa Dicoba di Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penikmat ikan air tawar, nampaknya perlu mencoba menu yang satu ini. Menu itu adalah nila goreng dengan sambal jahe hasil olahan warga di Selatan Sukabumi.

Di tangan Elis (39 tahun), warga Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, olahan ikan nila tersebut disajikan dengan resep sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Pasalnya, nila goreng dengan sambal jahe ala Elis itu dibuat dengan sejumlah bumbu yang mudah Anda temukan. Sensasi pedas dan gurih dari menu tersebut, menjadi alasan penting mengapa Anda wajib mencoba menu ini.

BACA JUGA: Layur Goreng Sambal Jahe Cabai Hijau, Olahan Nikmat dari Dapur Palabuhanratu

"Ikan nilanya dibersihkan terlebih dahulu semua bagiannya, mulai dari sisik, insang, dan dalam isi perut ikan. Setelah bersih, ikan nila diberikan lumuran bumbu penyedap rasa," imbuh Elis membagikan tata cara pengolahannya, Minggu (1/11/2020).

Selanjutnya, sambung Elis, ikan nila yang telah dibersihkan dan dilumuri bumbu itu, digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan kering secara merata. Setelah dirasa cukup matang, ikan nila diangkat dari penggorengan dan tiriskan agar minyak dalam ikan yang telah digoreng meresap dan kering.

"Nah tinggal membuat sambal jahenya. Siapkan beberapa buah cabai hijau dan merah, bawang merah, jahe secukupnya, dan penyedap rasa. Lalu diulek sampai halus dan dikasih air secukupnya sesuai selera. Kalau sudah selesai, taburkan ke ikan nila yang telah digoreng tadi," terangnya.

"Ikan nila goreng yang telah ditaburi sambal jahe lebih enak disantap dengan nasi yang masih hangat," pungkasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI