Sukabumi Update

Masak Dabu-dabu Yuk! Resep Rumah Ayam Sukabumi, Bisa Pesan Via Whatsapp

SUKABUMIUPDATE.com - Liburan di rumah aja belum tentu membosankan jika ditemani dengan makanan enak. Nah edisi liburan natal 2020 ini, rumah ayam bang edo Sukabumi membagi salah satu resep dari menu andalannya, yaitu ayam sambal dabu-dabu. 

Dabu-dabu merupakan bahasa Manado, Sulawesi Utara yang berarti sambal. Kalau di Manado sendiri, banyak jenis dabu-dabu, diantaranya dabu-dabu lilang, dabu-dabu roa, dabu-dabu bakasang, dan dabu-dabu kuning. 

"Dabu-dabu yang paling dikenal adalah lilang yang artinya sambal yang dipotong-potong," jelas Oky Fazri Alamsyah (18 tahun), juru masak Rumah Ayam Bang Edo, Sabtu (26/12/2020).

Untuk pembaca sukabumiupdate.com, Oky siap membagikan resep dan cara memasak ayam dabu-dabu, simak ya!

Bahan bahan ayam rebusan:

- Bawang putih 5 siung

- Bawang merah 5 siung

- Kunyit 2 ruas

- Kemiri 4 butir

- Jahe setengah pasi

- Ketumbar 1 sendok teh

- 2 siung sereh di iris tipis

Cara memasak:

Semua bahan tersebut dihaluskan. Masukan potongan ayam sekitar setengah kilo lalu campurkan air kelapa murni 2 gelas, kemudian masukan garam 1 sendok teh, 1/2 sendok teh penyedap rasa (sasa), 1/2 sendok teh merica, lalu rebus selama 30 menit. Setelah  selesai lalu ayam digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan, tiriskan dan simpan di atas piring.

Bahan sambal Dabu-dabu:

- 2 siung bawang merah di iris tipis

- 5 siung cabe rawit domba di iris tipis

- 1 buah tomat apel dipotong dadu kecil

Cara memasak:

Semua bahan satukan di dalam mangkok kemudian beri garam secukupnya, gula pasir secukupnya, penyedap rasa secukupnya, dan disiram air cuka 1 sendok teh air cuka atau perasan jeruk lemon.

"Lalu taburkan sambal di atas ayam yang sudah digoreng tadi. Jadi deh ayam goreng sambal dabu-dabunya," lanjut Oky.

BACA JUGA: Resep Pizza Rumahan Trending di Pencarian Google Indonesia 2020, Bikin Yuk!

Masih banyak menu ayam lainnya di rumah ayam bang edo. Kuliner yang satu ini hadir cara online, artinya kita tinggal pesan lalu diantar. "Tinggal hubungi saja via whatsapp di nomor 081280788365 atau cek di Instagram : rumahayam_bangedo. 100 persen halal dan Dijamin makan di rumahnya tambah spesial," pungkas Oky.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI