Sukabumi Update

Penyekatan di Kawasan Wisata Sukabumi, Antisipasi Kerumunan di Akhir Pekan

SUKABUMIUPDATE.com - Mengantisipasi kerumunan di kawasan wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi saat libur akhir pekan, petugas gabungan kembali melakukan penyekatan di sejumlah lokasi.

Polisi, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Pramuka, serta unsur terkait lainnya diterjunkan dalam penyekatan di akhir pekan tersebut.

Kapolres Sukabumi, AKBP Lukman Syarif mengatakan, penyekatan semacam ini tidak hanya dilaksanakan di ruas jalan kawasan objek wisata namun juga di perbatasan Bogor - Sukabumi.

BACA JUGA: Beredar Video Antrian Wisatawan Menuju Jembatan Situ Gunung Sukabumi, Ini Kata Camat

"Banyak pengendara yang berniat untuk berwisata di kawasan Palabuhanratu terpaksa putar arah karena tidak bisa menunjukan atau mengantongi hasil swab antigen," ujar Lukman, Minggu (24/1/2021).

Saat ini, kata Lukman, pihaknya masih fokus dalam penanganan penyebaran dan pengendalian COVID-19 di wilayah hukumnya.

"Hingga saat ini masih menjadi fokus utama kami bagaimana mengendalikan disiplin masyarakat soal COVID-19. Kami melakukan penyekatan di titik perbatasan juag dengan melibatkan personel TNI dan Satpol PP," jelasnya.

Lukman melanjutkan, untuk penyekatan di kawasan wisata juga ditempatkan beberapa personel yang ditugaskan melakukan pemantauan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Aturan Baru Wisata di Sukabumi, Tak Bisa Tunjukan Hasil Tes Covid-19 Negatif Harus Putar Balik

"Sebagai landasan ada Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian COVID-19. Kami menempatkan petugas, mengimbau warga soal penerapan prokes. Bagikan masker agar mereka tetap disiplin ketika aktivitas di luar rumah," terangnya.

Lukman menegaskan upaya pencegahan kerumunan akan terus dilakukan. Pengunjung akan dipersilahkan pulang kembali atau memutar balik kendaraannya apabila tidak bisa menunjukan atau membawa hasil swab antigen. "Kami harap seluruh lapisan masyarakat memahami kondisi saat ini," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI