Sukabumi Update

Mochi Keju Gurih Ini Bisa Kamu Buat di Rumah, Coba Deh Resep Berikut

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah resep untuk membuat mochi keju ini pasti kamu suka. Kue yang menggunakan bahan dasar tepung ketan dan beras ini berasal dari Jepang, namun sangat terkenal dan mudah ditemukan di Sukabumi.

Konon katanya, hingga sekarang kue ini masih disajikan di Jepang sebagai penganan favorit, khususnya saat pergantian tahun. Mochi juga sudah biasa dikonsumsi dalam berbagai kesempatan karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut.

Di daerah Jawa Barat, khususnya Sukabumi, mochi kacang bahkan menjadi oleh-oleh khas. Selain diisi dengan kacang, tentu saja kue ini dapat diisi bahan lain seperti keju dan tampil dalam bentuk yang lebih variatif. Nah bagi kamu penggemar mochi keju, resep berikut ini sayang untuk dilewatkan.

Bahan Utama

150 gram tepung ketan

30 gram tepung beras

60 gram gula pasir

250 mililiter air

1/4 sendok teh garam

1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan Isi

100 gram keju parut

4 sendok makan susu kental manis

Bahan Pelapis

100 gram tepung maizena yang disangrai dengan api kecil

photoResep membuat mochi keju ini bisa dicoba di rumah - (Istimewa)

Setelah seluruh bahan tersebut tersedia, maka kamu tinggal membuatnya di rumah dengan cara mudah berikut ini.

Cara Membuat:

1. Pertama, campurkan tepung ketan, tepung beras, gula pasir, garam, dan vanili bubuk, serta aduk hingga merata. Kemudian tuang air sedikit demi sedikit sambil kembali diaduk hingga rata seluruh bahan tersebut.

2. Selanjutnya, tuang adonan ke dalam wadah stainless, lalu kukus 15 menit. Setelah diangkat dan dikeluarkan, aduk-aduk kembali selama dua menit. Kukus lagi 20 menit hingga benar-benar matang. Adonan kembali diangkat.

3. Selepas itu kamu bisa membiarkan adonan hingga hangat kuku. Kemudian ambil satu sendok makan adonan tersebut dan beri bahan isi yang terbuat dari keju, lalu bulatkan. 

4. Terakhir, gulingkan mochi keju tersebut di atas tepung maizena hingga terbalut sempurna. Lakukan langkah serupa hingga adonan habis. Mochi pun siap disajikan.

Itu resep mochi keju yang bisa kamu coba di rumah. Kamu juga bisa menambahkan varian lain sesuai selera, seperti rasa kacang dan cokelat yang juga telah dibahas di artikel yang lain. Selamat mencoba, ya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI