Sukabumi Update

Puncak Manik Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Sepi dan Tak Terurus

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak Manik sebagai salah satu objek wisata di kawasan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi sempat menjadi primadona. Di tempat ini, wisatawan disuguhi pemandangan alam dan kawasan Geopark Ciletuh dari ketinggian.

Puncak Manik berlokasi di Kampung Sindanghayu, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dikenal sebagai objek wisata fenomenal dengan cerita turun-temurun, serta tangga 1000.

Baca Juga :

Namun kini kondisi Puncak Manik semakin sepi pengunjung dan tak terurus. Padahal kawasan wisata yang juga dikenal dengan Curug Puncak Manik ini dibangun pada tahun 2017 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

"Sejak tahun 2020 akhir, mulai pengunjung sepi dan pengurus di sana mulai putus asa," ujar Sekertaris Desa Cibenda, Hirin kepada sukabumiupdate.com, Senin (8/3/2021).

Warung-warung yang selama ini berjejer, kata Hirin, mulai dibongkar dan materialnya dibawa pulang. Mereka sudah tidak bisa berharap dengan kondisi yang selama ini sepi pengunjung.

photoPuncak Manik sebagai salah satu objek wisata di kawasan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. - ( Istimewa)

"Pengelola masih berusaha membersihkan areal yang di atas dengan swadaya masyarakat. Namun untuk bagian jalan bawah lewat tangga sudah tidak sanggup untuk biaya pemeliharaan," kata Hirin lagi.

"Di atas area masih bisa dibersihkan, namun untuk bagian jalan ke bawah masih terlihat rimbun oleh rumput dan ilalang," jelasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI