Sukabumi Update

109 Personel Balawista Siaga Sepanjang Pantai Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 109 personel petugas pemandu keselamatan Pariwisata (Lifeguard) disiagakan Badan Penyelamat Wisata Tirta atau Balawista di sejumlah objek wisata pantai di Kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ketua Balawista Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto menyebut, libur akhir pekan kedua di bulan Maret 2021 ini, di sejumlah objek wisata ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Baca Juga :

"Hari ini pengunjung relatif ramai, walaupun tidak seramai libur weekend biasanya," ujar Yanyan kepada sukabumiupdate.com, Minggu (14/3/2021).

"Saat ini kita ada penambahan anggota dari 87 jadi 109, karena ada penambahan pos pengamanan. Ada 19 pos dimulai dari Pantai Palabuhanratu hingga Cibangban. Wilayah selatan ada penambahan Pantai Cipatuguran dan Pantai Loji," imbuh Yanyan.

Yanyan menjelaskan, penurunan kunjungan wisatawan ke kawasan pantai di Palabuhanratu sudah terjadi sejak lama, ditambah saat ini pemerintah masih melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

photoPetugas Lifeguard Balawista Kabupaten Sukabumi, Jawa barat saat melakukan pengawasan di Pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021). - (SU/Nandi)</span

"Kita (Balawista) tetap lakukan pengawasan bukan hanya di hari libur saja. Hari biasapun ada yang stand by, menyesuaikan dengan PPKM, tetap mengikuti protokol kesehatan. Baik ke petugas maupun kepada wisatawan," jelasnya.

Untuk itu mengantisipasi terjadinya laka laut, Yanyan berharap para wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu tetap menaati ketentuan dari PPKM, juga saat melakukan aktivitas dipantai selalu mengikuti arahan dan imbauan dari petugas Lifeguard yang bertugas.

"Kami menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan selama mereka mematuhi arahan dan imbauan," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI