Sukabumi Update

Agar-agar Aneka Bentuk, Jajanan Anak 90an yang Masih Ada di Cicurug Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Anak 90an pasti masih ingat dengan jajanan yang satu ini. Yaitu agar-agar yang bisa dibentuk jadi robot-robotan, hewan, rumah, alat transportasi hingga bentuk lainnya. Jajanan yang nyaris punah itu masih bisa ditemukan di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat

Biasanya cara agar-agar ini sebelum dimakan seringkali dengan ditabur susu coklat cair dan meses warna-warni di atasnya.

Baca Juga :

Kalau dulu harganya berkisar Rp 500, Rp 1.000, dan kini mencapai Rp 2.000. Sayangnya, jajanan semacam ini sudah jarang ditemukan karena butuh keterampilan khusus untuk membuat agar berbagai bentuk.

Salah satu pedagang yang masih bertahan dengan jajanan tersebut adalah Rajib (35 tahun). Ia biasa berjualan di sekolah-sekolah SD yang ada di Cicurug. Namun karena masih pandemi Covid-19 dan sekolah masih tutup, Rajib hanya bisa berkeliling dari kampung ke kampung.

photoAgar-agar bentuk Robot yang dibuat Rajib (35 tahun) yang biasa berjualan di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Anak 90an pasti masih ingat dengan jajanan yang satu ini. - (SU/Ardi Yakub)</span

"Saya jualan ini sudah 15 tahun. Allhamdullillah jarang ada saingan karena memang agak susah untuk membentuk sebuah agar-agar menjadi sesuatu," kata Rajib saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Minggu (14/3/2021).

Menurut Rajib, anak-anak sekarang sudah jarang yang mau beli jajanan seperti ini. "Mungkin dilarang sama orang tuanya, karena saya akui jajanan seperti ini memang terlihat kurang higienis. Padahal saya selalu jaga kebersihan," tambahnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI