Sukabumi Update

Serunya Berlibur Sambil Berburu Kerang Teritip di Pantai Karang Hawu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika belibur di kawasan objek wisata pantai Karang Hawu, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, coba amati batu karang yang ada di pantai tersebut. Siapa tahu, ada banyak kerang laut yang menempel. 

Kerang teritip, demikian nama kerang itu. Ketika air di laut surut, warga daerah pesisir sekitar sengaja datang ke pantai untuk menangkap kerang itu karena bisa dimasak dan rasanya enak.

Baca Juga :

Untuk mendapatkan kerang itu, alat yang dibutuhkan adalah pisau. Fungsinya untuk mencungkil kerang dari karang. Seperti yang dilakukan Anisa (19 tahun) warga Cikakak, Minggu (28/3/2021) pagi itu.

photoKerang teritip yang menempel pada batu karang di Pantai Karang Hawu. (Nandi)

"Kerang ini banyak hidup menempel di batu karang, kalau lagi banyak biasanya pagi hari saat air laut surut. Kerang teritip ini enak, bisa dimakan langsung katanya, tapi saya gak berani, harus direbus dulu. Rasanya gurih, asin, ada asamnya. Pokoknya enak lah," singkatnya.

Warga lainnya, Hilda (21 tahun) menambahkan daging kerang teritip memang sedikit tapi ketika sudah dimasak rasanya lebih nikmat dan gurih daripada kerang hijau.

Hilda mengakui kalau tangkapannya tak banyak pada Minggu pagi itu, tapi hal itu tak masalah baginya yang penting keseruannya. "Gak dapat banyak hanya setengah plastik, hanya seru-seruan aja, tapi ya cukuplah buat cemilan nanti di rumah," singkatnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI