Sukabumi Update

Bumbu Hanya 5 Macam, Cara Warga Pesisir Sukabumi Bakar Ikan Tongkol

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan Tongkol bakar menjadi sajian khas jika berkunjung ke pesisir selatan Kabupaten Sukabumi. Dengan bumbu dan tampilan sederhana, warga Palabuhanratu Sukabumi memang punya cara khusus bakar ikan tongkol.

Ikan tongkol bakar bumbu sederhana ini juga jadi buruan pengunjung saat berlibur ke kawasan Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Bisa disajikan dengan berbagai variasi, mulai digoreng, pindang atau cue tapi dibakar selalu jadi pilihan favorit.

Baca Juga :

Dibakar bumbu pesisir dengan sambal jahe dan nasi liwet, paket pilihan utama untuk disantap di pesisir pantai Palabuhanratu. Kepada sukabumiupdate.com, Yeni (42 tahun) warga Panyairan, Palabuhanratu siap berbagi resep dan cara membakar tongkol dengan bumbu khas tersebut.

"Kan orang suka bingung memasak ikan tongkol itu agak susah karena selain bumbunya bikinnya juga ribet, kalau disini kita sederhana aja," ujar Yeni.

photoProses bakar ikan tongkol ala warga pesisir Palabuhanratu Sukabumi - (NANDI)</span

Berikut cara mengolah ikan tongkol sebelum dibakar ala warga pesisir Palabuhanratu;

- Siapkan Ikan tongkol berukuran sedang yang masih segar.

-  Cuci terlebih dahulu, bagian dalam perut dibuang termasuk insang

-  Selanjutkan ikan dibelah dan disayat sayat sesuai selera

- Kemudian direndam ke dalam bumbu penyedap rasa sebelum dibakar.

Sebelum dibakar siapkan bumbu oles dari 5 macam bahan sederhana, yaitu ketumbar, saos, kecap, minyak, penyedap rasa. 

 "Ikan Tongkol dibakar dengan arang kayu atau batok kelapa. Siapkan api pembakaran bikin merata terlebih dulu. Dibakar sambil terus dioles atau taburi dengan bumbu, hingga ikan matang," sambung Yeni.

 "Siapkan sambal jahe karena ikan dengan bumbu bakar ini menurut saya pas dicocol sambal jahe dan nasi liwet," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI