Sukabumi Update

Tuna Bakar Sambal Kacang, Menu Buka Puasa dari Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Daging kambing, ayam dan sapi bumbu kacang sudah biasa. Warga Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat punya menu berbeda dan melegenda, tuna bakar sambal kacang.

Menu khas ini cocok untuk hidangan berbuka puasa. Mely (27 tahun) warga Cibodas Palabuhanratu adalah salah satu yang biasa membuat sate ikan tuna. 

 "Ikan Tuna, ikan laut yang berdaging tebal dan tidak mudah hancur bila dimasak, jadi bisa diolah dengan beragam cara, digoreng, sop, atau dibuat sate," ujar Mely, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 24 April 2021.

Membuat olahan sate Ikan menurut Mely gampang gampang susah, karena bau amis yang dihasilkan dari ikan tidak semua orang suka. Untuk itu butuh kejelian dari pengolah agar bau amis dari ikan tuna hilang.

Ia pun bersedia berbagi tips mengolah sate ikan tuna ini dari awal hingga disajikan. "Salah satu cara akan bau amisnya berkurang adalah sebelum daging ikan dibakar rendam terlebih dahulu dengan campuran penyedap rasa dan air asam," jelasnya.

photoTuna bakar sambal kacang khas Palabuhanratu cocok untuk menu buka puasa - (NANDI)</span

Simak cara membuatnya;

- Ikan tuna segar dibersihkan

- Potong potong sesuai selera

- Kemudian rendam dalam campuran penyedap rasa dan asam sekitar beberapa menit

- Bakar daging tuna yang sudah dipotong sesuai selera di atas bara api.

- Olesi bumbu campuran 

- Matang dan sajikan

Bahan bumbu bakar: Kecap, Saus dan penyedap rasa.

Bahan bumbu sambal kacang: Kacang tanah yang sudah di goreng, cabai merah keriting, kemiri, cabai merah besar, gula merah, dan garam. 

Baca Juga :

 "Semua bahan itu dihaluskan kalau bisa di ulek agar aroma khas sambal kacangnya gak hilang, kalau sudah halus dicampur air dan tambahkan kecap sesuai selera," terangnya.

 "Setelah ikan Tuna matang selanjutnya sambal kacang dituangkan di atas dan siap dinikmati untuk berbuka puasa, lebih nikmat Sate Ikan Tuna disantap bareng nasi anget, lalapan hijau yang masih segar," tandasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI