Sukabumi Update

Intip Resep Cumi Saus Tiram ala Dapur Warga Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Cumi merupakan salah satu hewan laut yang banyak digemari masyarakat, termasuk di Sukabumi. Selain karena teksturnya yang kenyal, banyak juga cara yang bisa dilakukan untuk mengolah cumi agar menjadi hidangan yang memikat lidah. Salah satunya dengan saus tiram.

Di tangan warga Palabuhanratu bernama Ariyanti (39 tahun), cumi saus tiram ini relatif mudah dibuat. Pasalnya, hewan tersebut tidak memiliki tulang sehingga bisa diolah dengan mudah di rumah masing-masing.

Langkah pertama saat akan membuat cumi saus tiram, kata Ariyanti, bersihkan terlebih dahulu hingga tinta hitam di cumi hilang. Setelah bersih, potong sesuai selera sambil menyiapkan irisan bawang merah, putih, bombai, dan cabai merah.

"Kalau gak ada cabai rawit merah, bisa cabai hijau besar," katanya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 22 Mei 2021.

Baca Juga :

Setelah semua tahapan tadi dilakukan, langkah selanjutnya adalah menumis irisan bumbu hingga harum. Selanjutnya masukkan potongan cumi yang telah dibersihkan ke dalam wajan atau penggorengan, dicampur irisan bumbu yang telah ditumis.

"Nah tinggal dimasak sekira tiga menit. Kemudian tambahkan penyedap rasa, daun bawang, potongan tomat, dan suas tiram yang bisa dibeli dengan mudah," kata Ariyanti. "Kalau dirasa sudah masak, angkat dan sajikan. Lebih enak dimakan dengan nasi yang masih hangat," ucap dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI