Sukabumi Update

Nikmati Sedapnya Bakso Lele ala Sekolah Alam Indonesia di Cisaat Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penggemar bakso, tampaknya kurang lengkap kalau belum mencoba menu yang satu ini. Ia adalah bakso lele. Selain untuk memuaskan selera kuliner Anda, olahan ini juga diracik untuk memenuhi protein penikmatnya, khususnya warga di wilayah Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Ide bakso lele ini hadir di Sekolah Alam Indonesia, yang berlokasi di Jalan Surya Kencana RT 18/03 Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat. Kepala Divisi Pengembangan Sekolah dan Usaha Sekolah Alam Indonesia, Rahmat Yusuf mengatakan di-launching-nya olahan bakso ini berawal dari panen ikan lele para siswa.

"Panen ikan lele ini menjadi project ternak di Sekolah Alam Indonesia," kata Yusuf kepada sukabumiupdate.com, Minggu, 6 Juni 2021. Yusuf menyebut ikan lele memiliki nilai gizi yang besar, namun justru tidak banyak yang menggemari ikan ini. "Makanya kita olah dalam bentuk bakso," kata dia.

photoBakso lele Sekolah Alam Indonesia - (Dokumentasi Sekolah Alam Indonesia)

Pembuatan bakso lele ini cukup mudah dan sama seperti pembuatan bakso pada umumnya. Yusuf mengatakan bakso ini dibuat dengan campuran daging lele yang telah di-fillet (potongan tanpa tulang) dalam adonan bakso tersebut. "Perbandingan antara daging dan lele adalah 1:1," ucap Yusuf.

Menu isian bakso lele di Sekolah Alam Indonesia pun telah beragam, mulai dari original, tulang rangu, pedas, hingga rasa keju. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, yakni mulai Rp 12 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu porsi bakso lele dengan tambahan toping di atasnya. "Kami buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB," ujar Yusuf.

Yusuf pun menceritakan alasan lain mengapa sekolahnya memproduksi bakso lele. Ia mengatakan bakso ini menjadi usaha produktif yang menjadi sumber penunjang dalam kegiatan yang digelar Sekolah Alam Indonesia.

"Beberapa kegiatan tersebut antara lain program amal untuk guru, saung Al-Qur'an, sedekah anak yatim, dan membantu warga Palestina. Semoga Allah meridhoi usaha ini," pungkas Yusuf.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI