Sukabumi Update

Lagi di Selatan Sukabumi? Yuk Mampir ke Sumber Air Panas Cibuni

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, coba sempatkan mampir ke sumber air panas Cibuni di Kampung Cipanas, Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tak sulit menemukan tempat wisata ini, karena berada tak jauh dari Jembatan Cibuni yang menjadi penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Sukabumi.

Sejatinya sumber mata air panas itu berada di aliran Sungai Cibungur yang kemudian mengalir ke Sungai Cibuni. Kini tempat tersebut dalam penataan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui program Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K). 

Baca Juga :

"Saat ini sedang dilakukan penataan, pembuatan bendungan dan kolam, sekitar kolam dibronjong, tangga dan saluran air. Hingga sekarang [pekerjaan] sudah mencapai 90 persen," kata pengelola wisata air panas Desa Cidadap, Nadruloh (35 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/6/2021).

Menurut Nadruloh, sumber air panas itu keluar dari lubang batu yang berada di pinggir aliran sungai, sehingga air panas tersebut terus mengalir ke Sungai Cibungur dan kerap dijadikan lokasi pemandian oleh sejumlah warga.

"Dari dulu sudah dipakai mandi sama warga, baik dari Kecamatan Cidadap maupun warga dari Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur. Dengan adanya penataan ini, tentu pengunjung akan lebih mudah ke lokasi  dan nyaman untuk menikmati wisata air panas tersebut. Untuk sementara pengunjung belum di tiket," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI