Sukabumi Update

Sambal Petai Cina ala Warga Palabuhanratu Sukabumi Ini Bikin Ketagihan

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tidak mengenal petai Cina atau dengan nama lain lamtoro, buah berbentuk pipih lebih kecil dari buah petai pada umumnya ternyata enak juga dibuat sambal. Elsa (24 tahun) perempuan warga Palabuhanratu Sukabumi mau berbagi resep sambal petai cina yang bikin ketagihan.

Bagi warga Palabuhanratu, sambal petai cina yang masih muda ternyata jadi favorit temannya nasi liwet serta ikan asin. "Petai cina ini memiliki aroma yang tidak jauh berbeda dengan petai biasa, tapi memiliki sedikit rasa sepet saat dimakan biasa," ujar Elsa (34 tahun) warga Palabuhanratu, Minggu (27/6/2021).

Membuat sambal petai Cina menurutnya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dirumah. Dimana satu ikat setelah petai cina di bersihkan selanjutnya di potong potong kecil sesuai selera.

Dan untuk bumbu sambalnya, menurut Elsa siapkan beberapa buah cabai rawit, bawang merah, daun kemangi beberapa lembar, kencur secukupnya, tomat yang sudah dipotong potong dan garam serta penyedap rasa.

Baca Juga :

 "Semua di ulek dalam cobek sampai halus, kemudian masukan petai Cina, ditumbuk semuanya," jelasnya.

 "Setelah halus sesuai keinginan, tinggal di makan dengan nasi liwet masih hangat, tambah goreng ikan asin, dijamin perpaduan rasa saat di lidah rasa sepet dengan rasa masam dari buah tomat dan pedas dari cabai menghasilkan sensasi rasa yang nikmat, apalagi dimakan rame rame bareng keluarga," terangnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI