Sukabumi Update

Emplod, Cemilan Renyah Berbahan Singkong dari Jampang Tengah Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Yang suka cemilan wajib mencoba makanan yang satu ini. Namanya Emplod, makanan ringan yang terbuat dari singkong dan tepung aci serta racikan bumbu. Bagi yang penasaran dengan rasanya bisa mencicipi emplod yang diproduksi warga di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Pengrajin emplod, Enok Atin Rosmiatin (41tahun) mengatakan, kalau diluar daerah makanan ini memiliki nama comring. Makanan ini diproduksi di rumahnya di Kampung Pasirangin RT Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. 

Baca Juga :

"Kami sudah hampir 2 tahun menekuni olahan makanan dari singkong tersebut," kata Enok kepada sukabumiupdate.com, Jumat (9/7/2021).

Menurut Enok, cara pengolahan membuat Emplod sangat mudah dan yang dibutuhkan adalah singkong yang telah dikupas kemudian dicuci dan digiling atau diparut.

"Singkong yang sudah digiling lalu diperas hingga kering dan aduk dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, kuning, dan bumbu penyedap. Barulah tepung aci disatukan sehingga berbentuk adonan," jelasnya. 

Proses selanjutnya adonan tersebut dicetak seperti ukuran emping dan baru digoreng. "Saya setiap hari membuat sekitar 15 kilogram emplod dengan berbagai varian rasa tergantung dari pesanan, ada yang rasa pedas, balado, dan keju," jelasnya.

Makanan yang diproduksi Enok dijual di warung - warung kecil dan ada juga pembeli yang datang langsung. "Harga per kilogram Rp 30 ribu. Order bisa ke nomor 0857-2165-3803," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI