Sukabumi Update

Si Bola Bukan untuk Ditendang, Durian Lokal Cikakak Sukabumi: Manisnya Panjang

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terus "melahirkan" durian lokal yang punya citarasa unggulan. Setelah gandaria yang sudah lebih dulu populer di kalangan penikmat raja buah, kini Cikakak memiliki varietas baru yang diberi nama si bola.

Disebut begitu berdasarkan bentuknya. "si Bola karena bentuknya bulat atau bundar, tapi tidak bulat bulat amat seperti persis bola sih," ujar Untung Saputra (31 tahun) warga Sukamaju Cikakak, Sabtu (7/8/2021). 

Dijelaskan Untung durian si Bola memiliki tekstur daging yang tebal dan menurut warga Cikakak mirip dengan durian si Mentega. Daging cukup tebal, serat daging agak lengket, sehingga rasa manis tidak kalah dengan durian unggulan lainnya macam si Getih, mentega dan lainnya.

"Dagingnya liket, tebel, lembut, rasa manis nya panjang, durinya agak pendek dan bentuk buahnya agak kecil, tapi ada yang besar juga cuman sedikit," jelasnya. 

Baca Juga :

Masih kata Untung, untuk harga jual buah durian si Bola ini bervariasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per buah, tergantung besar kecilnya buah durian.

"Populasi buah durian si Bola kecamatan di Cikakak, alhamdulillah cukup banyak pohonnya juga durian ini bisa jadi potensi buah durian unggulan," tandasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI