Sukabumi Update

Pantai Cimaja Sukabumi Tawarkan Ombak Berkelas Internasional Untuk Selancar

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah Pantai Cimaja yang berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak. Pantai ini dikenal dengan ombak yang menantang. 

Pantai yang satu ini menawarkan keindahan pemandangan hamparan bebatuan alami serta suasana alam yang sejuk dengan deretan pepohonan di sepanjang pantai.

Baca Juga :

Tidak hanya keindahan pesisirnya saja, Pantai Cimaja punya daya tarik tersendiri dibanding pantai lainnya yang ada di sepanjang Teluk Palabuhanratu, yakni ombaknya yang merupakan ombak kelas internasional bagi para peselancar.

Tidak heran di lokasi pantai ini sering ditemukan peselancar lokal hingga mancanegara untuk bermain selancar atau surfing. Konon, Pantai Cimaja terkenal dengan ombaknya yang eksotis dan cocok dijadikan tempat surfing.

Pengurus Cabang Persatuan Selancar Ombak Indonesia (Pengcab PSOI) Kabupaten Sukabumi sudah puluhan tahun mengembangkan potensi surfing di Pantai Cimaja ini.

"Sehingga tidak aneh setiap hari libur selalu datang wisatawan mancanegara yang bermain surfing di pantai Cimaja," ungkap Ketua Pengcab PSOI Kabupaten Sukabumi, Harun Harasid Zain, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga :

Dijelaskan Harun, ombak di Pantai Cimaja adalah satu ombak paling terbaik khususnya di Jawa Barat karena memiliki ombak yang konsisten, dan sudah go internasional.

"Ombaknya sangat konsisten, banyak wisatan luar negeri datang, dan itu kebanyakan dari orang Jepang, Australi dan Eropa itu yang rutin datang ke sini," ujarnya.

photoPeselancar lokal maupun mancanegara menjadikan Pantai Cimaja sebagai arena berselancar. - (Nandi)</span

Masih kata Harun, tidak hanya memikat bagi pengunjung luar negeri saja, namun tidak sedikit pengunjung lokal pun ikut berselancar menikmati ombak Cimaja. "Jangan aneh banyak warga sekitar lahir dan jadi atlet lokal yang go internasional," jelasnya.

Salah satunya adalah Dede Suryana. Ia sudah meraih juara di tingkat Asia sebanyak 2 kali dan meraih emas. Bahkan baru-baru ini Dede Suryana mempersembahkan perunggu bagi Jawa Barat dalam eksebisi PON Papua.

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Cimaja, dari arah Sukabumi bisa menempuh perjalanan melalui kendaraan umum menuju Pasar Palabuhanratu atau terminal Tipe B Palabuhanratu. Dari lokasi itu perjalanan dilanjutkan ke arah barat dengan tujuan Desa Cimaja, Kecamatan Cisolok, atau sekitar 15 hingga 20 menit dari pusat Kota Palabuhanratu.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI