Sukabumi Update

Jadi Kudapan Tradisional, Ini Resep Kue Getas dari Dapur Warga Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai kuliner tradisional, kue getas menjadi suguhan khas masyarakat di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Kudapan yang bercita rasa manis dan gurih ini terbuat dari tepung ketan dan beras yang dicampur gula aren.

Salah satu warga Palabuhanratu, Silvi Nurani (36 tahun), ikut membagikan resep membuat kue yang cocok dinikmati saat musim penghujan tersebut. Menurutnya, pembuatan kue getas bisa dilakukan siapa saja karena bahan bakunya yang mudah didapatkan.

"Tinggal menyiapkan tepung ketan 150 gram, tepung beras 100 gram, garam secukupnya, dan parutan kelapa sebanyak 100 gram," kata dia, Ahad, 24 Oktober 2021. "Semua bahan itu dipadukan dan diaduk hingga tercampur," ucap Silvi.

photoKue getas yang dibuat warga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Nandi)

Baca Juga :

Tahapan selanjutnya adalah menambahkan santan sedikit demi sedikit ke adonan tersebut dan diaduknya hingga merata. Selepas itu, bentuk kue getas sesuai selera dan menggorengnya hingga matang. "Berikutnya adalah membuat baluran kue," ujar Silvi.

Untuk membuat baluran kue getas, Silvi mengatakan Anda hanya perlu merebus air secukupnya lalu tambahkan gula, baik gula putih maupun merah. Air yang sudah mendidih itu kemudian akan menimbulkan busa, hasil perpaduan adonan dari gula yang telah ditambahkan.

"Nah tinggal masukkan getas yang tadi sudah digoreng. Tapi, sebelumnya aduk dulu getas dan campuran baluran itu hingga merata selama beberapa saat atau hingga gulanya mengkristal. Setelah itu, angkat dan kue getas siap disajikan," kata Silvi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI