Sukabumi Update

Katimus, Kudapan Manis ala Warga Cikakak Sukabumi Teman Musim Hujan

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi kudapan lokal Sunda yang namanya tak asing di telinga warga Sukabumi, katimus cocok dinikmati saat musim hujan. Berbahan dasar singkong parut, gula merah, dan parutan kelapa, kue ini semakin pas jika disuguhkan dengan kopi atau teh hangat.

Seperti yang dilakukan Siti Hamidah (27 tahun), warga Kampung Ciranji, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Ia menjadikan katimus berbalut daun pisang sebagai makanan favoritnya saat cuaca dingin. "Mudah dan simpel membuatnya. Bahannya pun mudah didapat," katanya, Ahad, 31 Oktober 2021.

Hamidah pun berbagai cara membuat katimus. Menurutnya, hal pertama yang harus disiapkan adalah 1 kilogram singkong, yang selanjutnya dikupas dan diparut. Selepas itu, peras parutan singkong tersebut untuk mengurangi sedikit rasa pahit. Kemudian, campurkan dengan setengah butir parutan kelapa.

photoWarga Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Siti Hamidah (27 tahun), berbagi cara membuat katimus. - (Sukabumiupdate.com/Nandi)

Baca Juga :

"Selanjutnya, tambahkan dua gula merah atau 250 gram yang telah dihaluskan untuk menambah rasa manis. Setelah itu, aduk hingga merata," ucap Hamidah.

Untuk menambah ras nikmat, Hamidah memberi saran tambahkan sedikit garam dan gula pasir. Sedangkan proses akhirnya adalah bahan yang tadi sudah campurkan, dibungkus daun pisang. "Tinggal dikukus katimusnya hingga matang selama 20 hingga 30 menit," ungkap dia.

"Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan. Katimus pun siap disantap. Lebih nikmat dan lezat kenyalnya katimus ini dimakan saat masih hangat dan cuaca dingin atau hujan," kata Hamidah.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI