Sukabumi Update

Kamu Penikmat Kopi Saring Atau Bubuk? Kenali Perbedaan Keduanya

SUKABUMIUPDATE.com - Berbicara tentang Kopi, di setiap perbedaan cara penyajiannya, juga akan memberikan sensasi dan rasa yang berbeda pula bagi para penikmatnya.

Dikutip dari suara.com, biasanya kopi yang diseduh langsung dari serbuk kopi alias kopi bubuk akan memiliki aroma khas yang disukai oleh sebagian orang.

Sedangkan kopi yang disajikan dengan cara disaring terlebih dahulu sebelum disuguhkan akan memberikan sensasi lain lagi.

Bagi para penikmat kopi, keduanya tentu memiliki rasa dan sensasi yang berbeda. Namun, tak jarang banyak para pemula penikmat kopi yang belum mengetahui bedanya kopi bubuk dengan kopi saring.

Baca Juga :

Berikut ini sejumlah perbedaannya:

Cara menyajikannya

photo(Ilustrasi) Kopi Saring. - (Pinterest)</span

Dari penyebutannya saja jelas, jika yang satu disajikan langsung dengan bubuk kopi yang masih ada di dalam segelas kopi, satunya lagi disajikan setelah disaring terlebih dahulu.

Biasanya kopi bubuk akan mengeluarkan aroma kopi yang khas dan rasa yang kuat, sedangkan kopi saring cenderung memiliki rasa yang lebih halus dan mudah diterima lidah.

Efek yang ditimbulkan

photo(Ilustrasi) Kopi Bubuk atau Kopi Tubruk. - (wikipedia.com)</span

Beberapa orang penganut kebiasaan minum kopi yang ampasnya disaring mempercayai bahwa racikan seperti itu dapat mengurangi efek kecanduan kopi.

Adapun efek candu kopi yang dimaksud adalah seperti sakit kepala, gugup, kelelahan, gelisah, cepat marah, jantung berdebar dan sulit berkonsentrasi sebenarnya diakibatkan oleh kafein yang merangsang sistem saraf tubuh menjadi lebih aktif.

Namun sebenarnya, tidak ada kaitannya dengan minum kopi dengan atau tanpa ampas.

Baik disaring ataupun tidak, ketika dicampur air berbagai senyawa yang terkandung dalam kopi akan tetap saja ada pada kopi yang Anda konsumsi.

Ini artinya, manfaat dan efek samping kopi tanpa ampas sebenarnya sama saja dengan kopi biasa atau kopi dengan ampas. 

Hanya saja, rasa kopi tanpa ampas mungkin tidak sepekat atau sepahit kopi tubruk, alias kopi bubuk.

Jadi, baik kopi dengan atau tanpa ampas sebenarnya memiliki manfaat dan efek samping yang sama, tergantung kadar mengkonsumsinya.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI