Sukabumi Update

Kaya Serat dan Vitamin B, Resep Praktis Sup Kacang Merah

SUKABUMIUPDATE.com - Sup Kacang Merah bisa menjadi salah satu menu masakan rumahan yang nikmat, menyehatkan dan dapat dibuat dengan mudah.

Berbagai isian seperti, sayur-sayuran, kaldu tulang ayam menambah cita rasa kelezatan serta aroma yang menggugah selera dari Sup Kacang Merah.  

Dikutip dari Suara.com, masakan yang populer di Sulawesi Utara ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang pas.

Baca Juga :

Ditambah lagi, kacang merah mengandung beragam gizi seperti serat, zat besi, fosfor, dan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, sup kacang merah juga sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah dengan waktu yang cukup singkat. Dilansir dari kanal YouTube Enny Tangerang, berikut resep sup kacang merah, menu nikmat, simpel, dan sehat!

Resep Sup Kacang Merah

photoKacang Merah - (Pinterest)

Bahan sup kacang merah

3 batang daun bawang, potong-potong

3 siung bawang putih, geprek bersama kulitnya

250 gr kacang merah

300 gram tulang ayam

3 batang/250 gr wortel, potong serong

1 buah tomat berukuran besar, potong-potong

1 sdm garam

1 sdm penyedap rasa

Kulit jeruk (opsional)

Jahe (opsional)

Lada bubuk secukupnya

Cara membuat sup kacang merah

Panaskan air secukupnya dan tunggu sampai benar-benar mendidih. Setelahnya, masukkan tulang ayam yang telah dipotong-potong (jangan terlalu kecil).

Masukkan kacang merah, bawang putih, penyedap rasa, garam, tomat, dan lada bubuk. Diamkan campuran sup kacang merah selama 30 menit. Jangan lupa untuk menutup panci atau teflon yang digunakan.

Setelah kacang merah sudah sedikit lembek, masukkan wortel yang sudah dipotong-potong ke dalam panci. Bisa juga ditambahkan kulit jeruk atau jahe, lalu tutup lagi.

Setelah wortel sudah matang dan teksturnya empuk, masukkan daun bawang yang telah dipotong-potong, aduk sebentar dan diamkan selama 5 menit.

Sup kacang merah siap disantap.

Sup kacang merah paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat, tempe, kerupuk, dan juga sambal bersama keluarga. Saat cuaca dingin, kuah sup kacang merah yang hangat adalah pilihan sempurna untuk menghangatkan tenggorokan dan badan.

 

Sumber: Suara.com

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI