Sukabumi Update

Cari Takjil di Cicurug Sukabumi? Coba Es Pisang Ijo Mang Endin, Enak dan Murah

SUKABUMIUPDATE.com - Di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, salah satu menu takjil berbuka puasa yang murah dan enak sehingga sangat cocok untuk dijajal adalah es pisang ijo Mang Endin. Selama bulan puasa, Endin dan istrinya menjual 1 cup es pisang ijo dengan harga Rp 5.000 saja.

"Percupnya dijual lima ribu rupiah aja," kata Endin kepada sukabumiupdate.com, Rabu (13/4/2022).

Es pisang ijo sendiri merupakan panganan khas asal Makassar yang terbuat dari pisang kukus dengan balutan kulit dadar hijau. Penyajiannya disandingkan dengan kuah kental dari olahan santan. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan sirup untuk membuatnya menarik dan menambah kenikmatannya. 

Baca Juga :

Endin bercerita awal mula ia menjual kudapan khas Makassar tersebut pada bulan ramadan tahun 2018 silam. Saat itu belum banyak warga yang tahu, sehingga dagangannya sepi pembeli.

"Awalnya sepi, warga pada nanya ini apa," tuturnya.

Di hari biasa, Endin dan istri berdagang gado-gado dan ketoprak, namun menurutnya makanan tersebut kurang peminat pada bulan ramadan. Akhirnya ia memutuskan untuk berjualan es pisang ijo yang pada masa itu memang belum terlalu dikenal oleh warga Cicurug.

Terhitung ia hanya mampu menjual 5-10 cup saja perhari saat itu. Namun dengan konsistensi dan ketekunan yang ia jalankan, kini perharinya 30-40 cup bisa terjual.

"Biasanya sih rame jam 5 sorean pas orang pada pulang kerja," jelasnya.

Untuk menikmatinya, lapak mang Endin bisa dijumpai di jalan alternatif Cicurug-Parungkuda tepatnya di seberang SMAN 1 Cicurug. Lapaknya sendiri mulai buka dari pukul 15.00-18.30 WIB.

REPORTER: CRP 4

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI