Sukabumi Update

Apple Watch Berhasil Deteksi Tumor Langka pada Tubuh Penggunanya

SUKABUMIUPDATE.com - Apple Watch kembali menyelamatkan nyawa penggunanya dari kematian. Kali ini jam tangan pintar itu berhasil mendeteksi tumor mematikan yang muncul di tubuh pengguna.

Melansir dari suara.com, hal ini dialami Kim Durkee, seorang perempuan asal Maine, Amerika Serikat. Diketahui ia menderita myxoma, sebuah tumor langka yang tumbuh cepat dan menghambat suplai darah ke jantungnya dan berisiko menyebabkan stroke.

Apple Watch miliknya berhasil mendeteksi kondisi ini, yang membuatnya bergegas ke rumah sakit sebelum makin fatal, sebagaimana dikutip dari India Today, Senin (25/7/2022).

Kim Durkee menyatakan dirinya sempat tak percaya kalau Apple Watch memperingatkannya tentang detak jantung tak teratur, yang bahasa medisnya disebut fibrilasi atrium atau atrial fibrilasi. Akibat itu, ia memutuskan untuk mengeceknya ke rumah sakit.

"Malam ketiga angkanya sedikit terlalu tinggi dari aman," kata Kim Durkee.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Tumor langka Myxoma yang tumbuh cepat dan menghambat suplai darah ke jantung dan berisiko menyebabkan stroke. - (wikipedia.com)</span

Ia juga sempat berpikir apabila tubuhnya memang tak memiliki penyakit sesuai peringatan dari Apple Watch, maka jam itu bakal dibuang.

Namun tiba di rumah sakit, para dokter memberitahu dia kalau jantungnya berdetak tidak menentu karena tumor yang tumbuh cepat dan membatasi suplai darah jantung.

"Mereka berkata, "Bagaimana Anda tahu kalau memiliki A-fib?" lalu saya katakan, "Karena arloji ini memberitahu saya. Saya anggap diri saya sangat beruntung berada di sini dan berbicara dengan dokter"," demikian Kim mengingat kembali percakapan penting dengan dokternya.

Selain detak jantung tidak teratur, Kim tidak memiliki gejala lain. Jadi jika bukan karena Apple Watch yang ia beli untuk memantau kebugarannya, dia tidak akan pernah tahu tentang kondisi tubuhnya.

Apple sendiri meluncurkan sistem peringatan Afib pada 2020. Apple mengatakan kalau aplikasi EKG 1 dan fitur pemberitahuan detak jantung tidak teratur membantu pengguna dalam mengidentifikasi tanda-tanda AFib.

"Jika tidak diobati, AFib adalah salah satu kondisi utama yang dapat menyebabkan stroke, penyebab kematian paling umum kedua di seluruh dunia," ujar Apple.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI