Sukabumi Update

Fitur-Fitur Terbaru di Android 13, Salah Satunya Lebih Mudah Lihat Penelepon

Fitur-Fitur Terbaru di Android 13. | (Sumber : Istimewa).

SUKABUMIUPDATE.com - Operating system atau sistem operasi Andorid 13 telah memulai pembaruan untuk sejumlah jenis dan tipe HP. Dari semua HP yang mendapatkan fitur terbaru Android 13 diantaranya Pixel, Xiaomi, Samsung dan lainnya.

Ada beberapa fitur Android 13 terbaru paling top yang wajib diketahui oleh pengguna HP Android.

Dengan mengutamakan privasi setiap pengguna, salah satu perubahan paling menarik adalah penyertaan percakapan pesan 1-1 terenkripsi.

Tak hanya itu, fitur pemilih foto seperti yang terlihat di iOS sekarang memungkinkan pengguna memilih aplikasi mana yang memiliki akses ke foto galeri.

Baca Juga: 48 HP Redmi yang Akan Terima Pembaruan Android 13, Cek Updatenya

Menghimpun Suara.com yang dilansir dari Gotta Be Mobile pada Jumat (6/1/2023), berikut ini 10 fitur terbaru Android 13 yang jarang diketahui pengguna:

1. Banyak pilihan untuk palet warna

Pengguna lebih mudah menemukan palet warna yang sesuai. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih hingga 16 tema warna berdasarkan wallpaper serta tema warna prasetel yang tidak terkait dengan wallpaper.

2. Menumpuk widget di layar beranda

Pengguna dapat menggabungkan beberapa widget dengan ukuran yang sama ke dalam satu widget untuk menghemat ruang di layar beranda. Cukup seret widget ke tumpukan untuk menambahkannya, lalu gesek untuk beralih di antara widget.

Baca Juga: Unik! Android 13 Akan Hadirkan Fitur Pengaturan Kecerahan Senter

3. Lebih mudah untuk melihat penelepon

Dengan pembaruan Android 13, pengguna akan lebih mudah melihat siapa yang menelepon. Pengguna dapat menetapkan latar belakang panggilan yang berbeda untuk setiap kontak sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat siapa yang menelepon hanya dengan melihatnya sekilas.

4. Kelola izin notifikasi

Saat pengguna menggunakan aplikasi untuk pertama kali, pengguna akan ditanya apakah pengguna ingin menerima notifikasi dari aplikasi tersebut. Jangan ragu untuk memilih opsi tidak karena pengguna bisa mendapatkan notifikasi hanya dari aplikasi yang diizinkan.

5. Akses yang lebih mudah ke kontrol notifikasi aplikasi

Jika aplikasi mengirim terlalu banyak aplikasi, pengguna dapat memblokirnya dengan mudah melalui pengaturan notifikasi yang diatur ulang. Pengaturan tersebut menempatkan kontrol notifikasi aplikasi di bagian atas.

6. Pilih jenis notifikasi yang dapat dikirim aplikasi

Pengguna kini memiliki kontrol terpisah atas apakah aplikasi dapat menampilkan notifikasi pop-up, lencana ikon aplikasi, atau notifikasi di Lock screen. Pengguna dapat mengizinkan semua jenis atau hanya beberapa notifikasi.

7. Tampilkan dan sembunyikan pengingat yang sudah selesai

Pengguna dapat menampilkan atau menyembunyikan pengingat yang telah selesai dalam kategori apa pun.

8. Atur bahasa untuk setiap aplikasi

Dalam pembaruan Android 13, pengguna bisa memilih bahasa mana yang akan digunakan untuk setiap aplikasi di Pengaturan.

9. Kustomisasi spacebar di Keyboard Samsung

Bagi pengguna Samsung, pengguna dapat memilih tombol fungsi dan tanda baca mana yang akan ditampilkan di bawah garis keyboard di samping bilah spasi.

Baca Juga: 4 Bocoran Fitur yang Ada Pada Android 13

10. Android Photo Picker

Android 13 mengadopsi opsi pengambilan foto yang mirip dengan iOS. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih foto atau video mana yang dapat diakses aplikasi, alih-alih memberikan akses aplikasi tersebut ke seluruh galeri foto pengguna.

Setelah mengetahui daftar fitur Android 13 terbaru, pengguna dengan perangkat yang kompatibel dapat segera merasakan manfaat pembaruan Android 13.

Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT